5 Jenis Amalan Setelah Sholat Subuh Pembuka Pintu Rejeki

Tidur setelah sholat subuh tidak dianjurkan dalam Islam. Alih alih tidur, ada beberapa jenis amalan yang bisa dilakukan setelah subuh. Amalan yang dilakukan setelah subuh ini akan membuka pintu rejeki dan kelancaran dalam bekerja setiap hari. Berikut adalah beberapa amalan setelah sholat subuh yang bisa anda lakukan.

5 Jenis Amalan Setelah Subuh

  1. Membaca Dzikir

Amalan setelah subuh yang pertama adalah dengan membaca dzikir. Rasulullah SAW selalu memanjatkan dzikir di saat pagi dan petang hari sebanyak tiga kali.  Bacaan Dzikir ini adalah, أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ  dengan bacaan 'Auzdubillahis samii'il 'aliimi minasy syaithoonir rojiimi.

Yang mempunyai arti: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk". Dzikir dan doa tersebut lebih bagus bila dibaca sebanyak tiga kali setelah Sholat Subuh. Dengan membaca dzikir ini, maka doa anda akan diamini oleh 70 ribu malaikat.

  1. Membaca 3 Ayat Terakhir Surat Al Hasyr

Amalan setelah Sholat Subuh berikutnya adalah dengan membaca 3 Ayat Terakhir Surat Al Hasyr. Membaca 3 Ayat Terakhir Surat Al Hasyr ini pernah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmuzi. Dengan membaca 3 Ayat Terakhir Surat Al Hasyr ini maka Allah akan memerintahkan kepada 70 ribu malaikat untuk memohonkan ampunan. Jangan lupa membaca ayat kursi atau mendengarkannya menggunakan ayat kursi MP3 yang ada di smartphone.

  1. Membaca Doa Sayyidul Istighfar

Amalan setelah sholat subuh lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membaca Doa Sayyidul Istighfar. Salah satu keutamaan membaca doa ini adalah jika meninggal dunia maka akan masuk surga. Hal ini juga disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang menyebutkan.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anna 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika. Mastatha'tu a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu u laka bini' matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta.

Yang Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau." (HR. Bukhari).*

  1. Melakukan Sedekah Subuh

Amalan setelah Sholat Subuh lainnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan sedekah subuh. Hal ini merupakan waktu sedekah yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) ". (HR. Bukhari).

Selain amalan diatas, anda juga dianjurkan untuk Sholat Sunnah Dhuha setelah waktu Subuh. Banyak keutamaan bila melakukan Sholat Dhuha salah satunya akan membuka pintu rejeki. Tidak hanya itu, namun keutamaan tidak tidur setelah subuh ini juga akan berpengaruh baik untuk Kesehatan tubuh anda.