Bagaimana Cara Memilih Baju Gamis Batik Yang Nyaman Itu?

Bentuk baju gamis yang simple menyebabkan banyak orang menyukai pakaian ini.  Selain digunakan sebagai pakaian harian, tidak sedikit juga kaum hawa yang mengenakan baju gamis untuk menghadiri  acara  pernikahan. Biasanya jenis baju gamis yang digunakan untuk menghadiri pernikahan itu berupa batik. Lantas bagaimana cara mendapatkan baju batik gamis yang nyaman dikenakan itu?.

Tiga Cara Mendapatkan Baju Gamis Batik Yang Nyaman Dikenakan

Meskipun saat ini untuk mendapatkan baju gamis sangatlah mudah karena sudah banyak tempat produksi  seragam batik, namun tetap saja di dalam pemilihannya perlu dilakukan secara hati-hati agar bisa mendapatkan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan bentuk tubuh. Adapun beberapa cara mendapatkan baju gamis batik yang nyaman dikenakan seperti berikut ini.

  1. Sesuaikan Postur Tubuh Dengan Corak Baju

Ketika ingin membeli baju gamis  batik pastikan terlebih  sudah mengetahui postur tubuh diri sendiri. Hal itu penting untuk dilakukan mengingat postur tubuh nantinya akan mempengaruhi penampilan pada saat mengenakan baju gamis batik. Dalam hal ini bagi yang mempunyai tubuh berukuran besar sebaiknya pilihlah baju gamis dengan motif kecil-kecil dan merata. Sedangkan jika mempunyai postur tubuh kurus bisa memilih motif batik yang besar. Dengan motif batik yang besar itu nantinya bisa membuat tubuh si pemakai terlihat lebih berisi dan segar.

  1. Pilihlah Baju Gamis Dengan Bahan Yang Sesuai

Agar nantinya nyaman ketika dikenakan maka pilihlah baju gamis batik dengan bahan yang sesuai. Dalam hal ini pilihlah baju gamis batik yang terbuat dari kain tebal dan tidak transparan. Selain itu pilih juga baju gamis batik yang mampu menyerap keringat dengan sempurna untuk mencegah bau badan. Umumnya baju gamis yang mampu menyerap keringat dengan baik itu terbuat dari kain katun.

  1. Pastikan Jahitan Rapi

Di dalam membeli baju gamis batik pastikan telah memilih yang jahitannya rapi. Hal itu sangatlah penting untuk dilakukan karena jahitan yang rapi nantinya bisa mencegah baju mudah rusak. Bukan hanya itu saja namun jahitan yang rapi dan kuat juga mampu untuk meminimalisir terjadinya benang terlepas ketika sedang dicuci.

Jenis-Jenis Kain Batik Berdasarkan Proses Pembuatannya

Jika dilihat dari proses pembuatannya kain batik itu dibedakan menjadi tiga jenis yakin tulis, cap dan print. Untuk lebih jelasnya mengenai ketiga jenis kain batik tersebut langsung saja baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

  1. Kain Batik Tulis

Kain batik tulis ini dibuat dengan cara tradisional yakin memakai canting dan malam untuk menggambarnya. Dikarenakan  proses pembuatannya sangatlah rumit maka tidak heran jika gamis batik yang terbuat dari kain ini dibanderol dengan harga sangat mahal. Bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah hanya untuk satu buah gamis saja.

  1. Kain Batik Print

Untuk kain batik print ini dibuat dengan memakai komputer atau mesin khusus. Itulah sebabnya mengapa kain batik jenis ini memiliki motif yang beragam. Kelebihan dari kain batik print yaitu harganya lebih murah jika dibandingkan yang tulis. Karakteristik dari kain batik jenis ini yakin memiliki motif yang tidak tembus hingga bagian belakang.

  1. Kain Batik Cap

Proses pembuatan kain ini memiliki kemiripan dengan batik tulis pada umumnya yakin memanfaatkan malam dan canting untuk menggambarnya. Namun  pembuatannya tidak memakan waktu yang lama sehingga menyebabkan harganya sangatlah terjangkau.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara memilih baju gamis batik yang nyaman dikenakan dan memiliki kualitas unggul.