Ajarkan Anak Aktif! Inilah Dampak Positif Balap Karung bagi Anak

Permainan balapan karung kerap dimainkan pada saat hari kemerdekaan. Hal ini karena permainan ini sangatlah seru dimainkan dan membangun semangat bagi para pemainnya. Dibalik keseruannya ini, balapan dengan karung membawa banyak manfaat bagi pemainnya khususnya anak-anak. Berikut manfaatnya yang perlu diketahui orang tua.

3 Dampak Positif dari Balapan menggunakan Karung bagi Anak

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika mengikuti permainan balap karung, anak dituntut untuk tampil serta berhadapan di muka umum. Di kesempatan inilah, anak menjadi lebih berani menghadapi teman seumurannya untuk bersaing. Hal ini tentu sangatlah baik bagi anak untuk memupuk rasa keberanian serta rasa percaya diri anak.

  1. Melatih Kemandirian Anak

Mengikuti lomba balapan karung juga dapat melatih kemandirian anak. Buah hati pastinya diberi kebebasan dalam menyelesaikan perlombaan sendiri tanpa bantuan orang lain. Selain itu, anak juga harus menjadi mandiri dalam memasukkan sebagian tubuhnya ke dalam karung, seperti mandiri memakai karung.

  1. Meningkatkan Jiwa Sportivitas

Sebelum mengikuti balapan karung, orang tua perlu menumbuhkan jiwa sportivitas anak bahwa sang buah hati wajib menuntaskan perlombaan dengan melompat sambil memakai karung hingga garis finish. Dengan hal ini, anak mengetahui bagaimana cara anak menghargai prosesnya bukan hanya hasilnya saja.

Permainan balap karung tidak hanya membahagiakan pemain, tetapi juga berdampak positif bagi anak seperti rasa percaya diri meningkat, kemandirian terlatih, serta memupuk jiwa sportivitas. Hal-hal tersebut sangatlah berguna khususnya bagi anak dalam masa perkembangannya.