Biaya Membangun Kios Kecil Depan Rumah untuk Usaha Bagi Pemula

Tingginya persaingan dalam dunia kerja menjadikan masyarakat harus cerdas. Salah satu solusinya adalah membuat lapangan pekerjaan baru, minimal untuk diri sendiri. Hal paling mudah adalah membuat sebuah kios atau toko kecil di depan rumah.

Pengertian Kios

Kios merupakan sebuah tempat untuk melakukan sebuah usaha bisnis. Anda bisa berjualan berbagai macam barang atau produk di kios milik sendiri. Selain itu juga dapat menyewakan bangunan kios untuk berjualan orang lain.

Bisnis persewaan kios pada saat ini memang sedang naik daun dalam bisnis properti. Maka tidak heran jika banyak orang selain membangun rumah idaman, mereka juga tertarik untuk membangun sebuah kios untuk disewakan ke orang lain. Hal tersebut mengingat bahwa saat ini banyak orang yang terjun dalam dunia bisnis mandiri.

Dalam membangun sebuah kios maka Anda letak bangunan. Usahakan memilih tanah untuk bangunan kios yang letaknya strategis atau berada di lingkungan pusat bisnis. Ini bisa Anda disewakan dengan harga yang cukup fantastis karena bisa dipastikan banyak orang yang tertarik untuk menyewanya sebagai tempat menjalankan usaha bisnis.

Selain itu, lengkapilah bangunan kios anda dengan berbagai macam fasilitas untuk para penyewanya. Tentu saja ini menjadi salah satu nilai plus yang akan membuat semua orang merasa tertarik untuk menyewa. Misalnya saja dilengkapi dengan toilet dan sebuah ruangan untuk bisa dijadikan sebagai  tempat untuk beristirahat. Lengkapi juga dengan sanitasi yang baik khususnya untuk saluran pembuangan di sekitar area kios.

Pemilihan Tenaga Pembangunan untuk Kios

Ukuran yang digunakan dalam sebuah toko kecil biasanya hanya berkisar 3 x 4 hingga 5 x 10. Bagi Anda yang memiliki lahan tentu bisa dimanfaatkan. Kemudian hal selanjutnya adalah memilih tukang yang sesuai.

  1. Tukang Harian

Pekerja harian lepas ini merupakan tenaga yang bekerja per hari. Upahnya biasanya sekitar 100 ribu rupiah. Jika pengerjaan pembangunan tidak terlalu banyak maka bisa menggunakan tukang harian.

Namun menggunakan tukang harian akan cukup boros. Hal ini dikarenakan dalam sehari selain menggaji juga menyediakan konsumsi. Maka dari itu tidak direkomendasikan.

  1. Tukang Borongan

Tukang borongan bekerja sesuai kontrak waktu. Pengusaha dapat memilih sesuai kebutuhan dan memastikan kontrak dari awal pembangunan. Tukang borongan akan lebih direkomendasikan karena jauh lebih hemat.

Setelah itu, pemilik harus memutuskan pihak mana yang bertanggungjawab akan material bangunan yang digunakan. Apakah akan membeli material sendiri atau dilimpahkan kepada mandor.

Biaya Membuat Sebuah Toko Kecil di Depan Rumah

Biaya untuk membangun sebuah toko 1 lantai kurang lebih 3 juta per meter. Kemudian disesuaikan dengan luas bangunan. Jika ukuran bangunan sebesar 3 x 4 maka kurang lebih membutuhkan dana sebesar 36 juta rupiah.

Kemudian juga harus diketahui harga rak yang digunakan untuk interior toko. Rak tersebut akan lebih baik jika custom sehingga tinggi serta lebar bisa disesuaikan. Hal ini tentu membutuhkan biaya tambahan lagi.

Biaya tersebut akan termasuk jenis bahan rak beserta pengangkutan dan juga pemasangan. Untuk bangunan sebesar 3 x 4 meter maka kurang lebih harus menyediakan budget sebesar 50 hingga 60 juta rupiah.

Demikian sekilas informasi mengenai biaya total dalam membangun sebuah toko kecil di depan rumah. Pastikan merancang dengan teliti agar tidak ada biaya yang membengkak. Selain itu jangan lupa untuk mendesain kios dengan gaya terbaik