Berapa Biaya Service AC Mobil Terbaru 2022?

Kamu sedang ingin melakukan perbaikan AC mobil karena AC tidak berfungsi atau berfungsi tapi udara yang keluar sudah tidak maksimal dan tidak dingin? Maka kamu harus mengservice AC mobil, tetapi berapa biaya service AC mobil terbaru 2022?

Untuk kamu yang sedang membutuhkan informasi tentang biaya service AC mobil, maka kamu tidak boleh melewatkan artikel yang kami bagikan disini. Karena kami akan menjelaskan secara lengkap tentang biaya service ac mobil berdasarkan kerusakaannya.

Berapa Biaya Service AC Mobil Terbaru 2022?

Sebenarnya biaya service ac mobil tarifnya akan berbeda-beda tergantung dari kerusakan yang dialami dan tergantung jenis mobil yang kamu miliki. Ada mobil yang memiliki biaya service ac mobil yang murah dan ada yang mahal.

Untuk biaya service ac untuk mobil yang diproduksi berasal dari Jepang,  umumnya lebih murah mulai dari Rp 300 ribuan. Sedangkan untuk mobil buatan Eropa biaya service AC biasanya akan lebih mahal mulai dari Rp 1,2 jutaan.

Hal ini dikarenakan mobil buatan Eropa memiliki sistem AC mobil yang lebih rumit dibandingkan sistem AC yang terdapat di mobil buatan Jepang.

Biaya service AC mobil juga didasarkan dengan tingkat kerusakaannya, ada service kecil, sedang dan besar. Sehingga semakin besar tingkat kerusakan yang ac mobil kamu alami maka biaya service tentunya akan lebih mahal.

Untuk perawatan service kecil biasanya adalah ganti filter kabin, servis kondensor, dan service blower. Untuk service sedang biasanya ada tambahan ganti dyer filter, freon, dan voccum + oli kompresor. Sedangkan service besar akan melakukan service seluruh service kecil dan sedang ditambah service evaporator, dan penggantian freon R134.

Biaya Service ganti freon AC mobil

Selain biaya service tersebut, kamu juga harus mengetahui biaya pergantian komponen ac mobil lainya seperti biaya pergantian freon ac mobil.

Untuk pergantian freon AC  dan ada kerusakan pada freon mobil biasanya akan dikenakan biaya service sekitar Rp 100 ribu sampai RP 400 ribu.

Sedangkan  jika hanya mengisi freon ac mobil maka biayanya sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 350 ribuan.

Biaya Service AC mobil bau tidak sedap

Jika kamu ingin melakukan service AC karena AC mobil kamu mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka biaya service yang akan kamu bayarkan sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Karena penyebab dari bau yang tidak sedap ini bisa beragam.

Biaya servis AC mobil mati

Jika kamu memiliki masalah dengan AC mobil yang mati, maka biaya service yang akan dikenakan sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 2 jutaan tergantung dari kerusakan yang dialami dan jenis spare part yang harus diganti.

Jadi jika kendala ac mobil yang kamu miliki tidak bisa digunakan atau mati, maka sebaiknya kamu harus menyiapkan budget yang lebih. Karena dapat dipastikan ac mobil mati bisa disebabkan karena ada komponen yang rusak.

Biaya service kompresor AC mobil

Untuk kamu yang ingin melakukan service kompresor ac mobil, maka kamu harus menyiapkan budget perbaikan atau service sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 1,2 juta. Hal ini adalah tergantung dari mobil kamu miliki buatan dari negara Jepang atau  Eropa.

Biaya Service AC mobil tidak dingin

Sedangkan jika kamu mengalami masalah dengan ac yang sudah tidak dingin,maka biaya service ac mobil yang akan dikenakan adalah sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 400 ribuan. Perbaikan atau service ac tidak digingin tergantung dari tingkat kerusakannya.