Bunga Wijaya Kusuma

Wijaya kusuma dikenal sebagai bunga yang indah dengan aroma harum. Tumbuhan wijaya kusuma bentuknya menyerupai kaktus yang jarang berbunga. Sekalinya berbunga, bunga wijaya kusuma hanya bertahan semalam, mekar pada malam hari dan langsung layu saat matahari terbit.

Meski jarang berbunga, wijaya kusuma sangat cocok untuk menghias pekarangan atau halaman rumah. Selain dapat memperindah halaman atau pekarangan rumah, wijaya kusuma juga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan karena senyawa yang terkandung di dalamnya.

Senyawa tersebut antara lain senyawa fenolik yang bersifat antibakteri, glikosida, tanin, resin, terpenoid, steroid, serta saponin yang berperan sebagai antikolesterol di dalam tubuh.

Walau belum banyak penelitian tentang manfaat kesehatan bunga wijaya kusuma, tanaman ini sudah digunakan di Vietnam dan Malaysia sebagai komponen penting dalam pengobatan tradisional, mulai dari mengatasi batuk, menetralkan penyumbatan darah, mengatasi kesulitan bernapas, dan lain sebagainya.

Sebagai obat tradisional, wijaya kusuma dapat dikonsumsi dalam bentuk air rebusan maupun dengan menghaluskannya untuk digunakan sebagai obat luar.

Manfaat wijaya kusuma antara lain dapat membantu meredakan batuk, mengurangi pendarahan, meredakan rasa sakit, mengobati luka, mengatasi jerawat, mengatasi asam urat, mengobati sesak napas, mencegah penyumbatan darah, serta mengatasi peradangan.

Dengan berbagai manfaat tersebut, wijaya kusuma sangat direkomendasikan untuk ditanam di halaman atau pekarangan rumah sebagai tanaman obat keluarga.