Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Ada Yang Tahu?

Dengan memiliki skill bahasa Inggris yang baik peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian sangatlah besar. Hal itu dikarenakan sekarang banyak sekali perusahaan besar yang mencari  karyawannya yang mempunyai kemampuan seperti itu.  Bukan hanya itu saja akan terbuka juga jalan untuk jenjang karir yang lebih cemerlang seperti mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri. Oleh karena itu mulailah dari sekarang untuk mempelajari bahasa Inggris ini dengan baik dan benar.

13 Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Mudah

Dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini sekarang tidak ada lagi kata mustahil untuk bisa memahami semua isi dari teks yang menggunakan bahasa Inggris dalam waktu singkat. Langsung saja berikut beberapa metode yang bisa langsung dipraktekkan.

  1. Menggunakan Alat Bantu Visual

Bagi seorang pemula untuk mempermudah pemahaman kosakata dalam Bahasa Inggris bisa menggunakan alat bantu visual. Misalnya gambar, diagram hingga video yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan visual dengan kata-kata.

Di sini anda bisa menggunakan alat bantu visual berupa foto orang lain untuk menyebutkan bagian-bagian wajah dalam bahasa Inggris. Selain itu bisa juga dilakukan dengan cara memotong gambar dari majalah atau media cetak lainnya.

  1. Mendengarkan Musik

Meskipun kelihatannya sepele ternyata cara ini terbukti ampuh untuk mempermudah pemahaman / mengartikan kosakata dalam bahasa Inggris. Di samping itu metode ini sangat direkomendasikan bagi yang memiliki kelebihan audio visual dalam belajar.

Namun ketika mendengarkan musik berbahasa Inggris ini perlu untuk melihat liriknya. Hal itu dikarenakan dari teks yang nampak tersebut dapat membantu dalam belajar penghafalan maupun pengucapan bahasa Inggris yang benar dan baik.

  1. Menonton Film Bahasa Inggris

Cara menyenangkan selanjutnya yang bisa dicoba untuk mempermudah pemahaman kosakata bahasa Inggris yaitu dengan menonton film. Perlu diketahui bahwa menurut penelitian dari Rajshahi University kegiatan itu terbukti bisa meningkatkan skill mendengarkan.

Selain itu melalui kegiatan ini  pengucapan  kosakata yang benar juga dapat ditingkatkan. Sedangkan film rekomendasi yang cocok untuk pemula yakin toy Story. Hal itu dikarenakan bentuk bahasa Inggris yang digunakan dalam film itu lebih alami dengan kosakata yang gaul.

  1. Mendaftar Kursus Bahasa Inggris

Untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris alangkah baiknya untuk mengambil sebuah kursus. Tentunya dengan mempelajari pengetahuan dasar itu bisa dijadikan fondasi untuk pemahaman dan praktek berkomunikasi menggunakan salah satu bahasa internasional itu.

Saat ini banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris yang bisa Anda pilih mulai dari darling hingga offline. Di samping itu juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan misalnya untuk tujuan liburan ke luar negeri atau berbisnis internasional.

  1. Sering Membaca Buku Bahasa Inggris

Cara efektif selanjutnya yang bisa dicoba yakin dengan membaca buku novel yang menggunakan bahasa Inggris. Nantinya ketika melakukan kegiatan ini Anda tidak hanya belajar tentang bahasa tulis yang telah disampaikan penulisnya saja.

Namun dalam hal ini juga akan belajar banyak kosakata baru. Oleh karena itu mau tidak mau dituntut untuk berhadapan menggunakan kamus. Hal itu disebabkan di dalam novel akan ditemukan banyak kosakata asing yang kemungkinan besar cukup membingungkan.

  1. . Mencatat Kosakata Asing

Tips selanjutnya untuk mempermudah belajar bahasa Inggris yaitu dengan mencatat kosakata asing yang ditemukan. Dengan begitu dapat disimpulkan apabila sudah selesai membaca, mendengarkan musik dan menonton sebuah film.

Maka tahap selanjutnya yang perlu dilakukan yakin mencatat kosakata baru yang dianggap asing. Kemudian hafalkan kata-kata yang telah ditulis dan diartikan tadi. Namun jika kosakata itu sudah familiar di telinga tidak perlu melakukannya lagi.

  1. Cobalah Menulis Dalam Bahasa Inggris

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk mempermudah belajar bahasa Inggris yaitu melakukan tes kemampuan. Apabila sebelumnya telah mempelajari pelafalan melalui menonton TV, mendengarkan musik dan sudah memperbanyak kosakata.

Maka langkah selanjutnya yang harus ditempuh yaitu mencoba untuk menulis menggunakan kalimat Bahasa Inggris. Dalam hal ini tidak perlu menulis hingga berlembar-lembar, cukup memulainya dengan per paragraf saja setiap harinya.

  1. Praktek Berbahasa Inggris

Di samping mempraktekkan bahasa Inggris dengan cara menulis. Di sini Anda juga bisa mencoba dengan berbicara menggunakan bahasa internasional itu dengan teman maupun keluarga. Dalam hal ini yang perlu dipersiapkan yakin sebuah teks percakapan bahasa Inggris.

Dikarenakan masih seorang pemula tidak perlu membuat teks percakapan bahasa Inggris. Cukup  mencari contoh discussion text di internet. Dengan cara melakukan searching menggunakan Google. Setelah itu tinggal praktekkan bersama teman maupun keluarga.

  1. Ubahlah Bahasa Di Gadget

Hampir sebagian besar gadget maupun komputer di pasaran memiliki bahasa yang bisa diatur sendiri oleh penggunanya. Maka dari itu untuk mempermudah dalam belajar bahasa internasional ini kamu bisa mengubahnya ke  dalam mode language English.

Nantinya secara tidak langsung akan sedikit terbiasa dengan kata-kata dalam bahasa Inggris yang ada dalam smartphone. Seperti nama-nama hari, jam, emergency call, search dan masih banyak lagi. Tentunya hal itu bisa menambah kosakata baru.

  1. Berteman Dengan Orang Asing

Tips selanjutnya yang bisa dicoba untuk mempermudah belajar bahasa Inggris adalah berteman dengan orang asing. Dalam hal ini untuk mencari kenalan orang yang berasal dari luar negeri  bisa melalui internet maupun bertemu langsung di tempat wisata seperti candi, pantai dan masih banyak lagi.

Di tambah lagi di era digital seperti saat ini banyak sekali platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk berkenalan dengan orang luar. Misalnya Instagram, Facebook hingga Twitter. Perlu diketahui bahwa metode ini terbukti ampuh untuk memahami kosakata dalam bahasa Inggris.

  1. Manfaatkan YouTube

Alternatif lain yang bisa dicoba untuk memperbanyak kosakata dalam bahasa Inggris yaitu dengan menonton video di YouTube. Saat ini banyak sekali channel-channel yang dapat membantu untuk memahami kata-kata maupun kalimat bahasa Inggris.

Dalam hal ini agar cepat fasih pengucapannya maka pilihlah channel yang langsung dikelola oleh orang luar. Umumnya pada video belajar bahasa Inggris yang ada di YouTube akan membahas kata per kata. Bukan hanya itu saja tetapi juga terdapat turotorial untuk membuat kalimat present tense.

  1. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Saat ini podcast termasuk platform yang sangat digemari oleh berbagai kalangan mulai dari remaja hingga dewasa. Di sini nantinya Anda bisa memilih playlist favorit yang bisa dijadikan sumber untuk belajar bahasa Inggris. Bukan hanya itu saja mendengarkan podcast juga dapat dijadikan teman saat sedang beraktivitas.

Misalnya ketika hendak menuju kantor dapat memutar sebuah podcast. Untuk menemukan podcast yang menggunakan bahasa Inggris sekarang sangat mudah dilakukan. Di mana hanya cukup mencarinya di YouTube lalu didownload menggunakan smartphone maupun perangkat lainnya seperti komputer.

  1. Membaca Berita Bahasa Inggris

Saat ini banyak sekali sumber serta pilihan informasi yang ada di media massa Salah satunya yaitu berita. Untuk mengasah skill berbahasa Inggris dengan cepat dan mudah dapat dilakukan dengan cara rajin membaca berita baik yang terdapat di surat kabar maupun website.

Namun dalam hal ini berita yang dibaca harus menggunakan bahasa Inggris. Selain itu Anda juga bisa menganalisis isi dari artikel-artikel yang memakai bahasa asing itu. Dalam hal ini pastikan topik yang dibaca benar-benar menarik perhatianmu. Itu bertujuan agar tidak merasa membosankan.

Apa Saja Metode Belajar Bahasa Inggris?

Tentunya penggunaan metode pengajaran bahasa Inggris yang tepat sangat membantu siswa untuk mencapai prestasi terbaik. Bukan hanya itu saja peserta didik juga tidak mudah merasa bosan. Lantas apa saja metode belajar bahasa asing ini yang bisa dipilih?. Langsung saja berikut beberapa rekomendasinya.

  1. Grammar Translation Metode

Perlu diketahui bahwa cara ini merupakan metode yang paling lama ada di dunia pembelajaran bahasa internasional ini. Di mana lebih menekan tata bahasa, selain itu juga terdapat translate yang dimanfaatkan untuk mengajarkan kosakata kepada para peserta didik.

Nantinya seorang pahlawan tanpa tanda jasa akan mengajarkan materi yang berhubungan dengan tata bahasa menggunakan sebuah rumus. Setelah itu saat memberikan pengajaran berupa menulis, membaca dan kosakata dalam bahasa Inggris akan memakai alis bahasa.

  1. Silent Way

Pada dasarnya slient way adalah metode belajar untuk mapel matematika oleh Celeb Cattegno. Namun cara ini akan menjadi powerful jika diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris. Di sini nantinya seorang guru akan menggunakan sebuah media yang bernama rods.

Di mana media itu berfungsi untuk mengajarkan banyak hal terutama mengenai berbicara dalam bahasa Inggris. Rods itu sendiri memiliki warna dan panjang yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa metode ini secara garis besar memiliki konsep yang hampir sama dengan sebuah audio lingual method.

  1. Audio Lingual Method

Cara ini diyakini sangat efektif untuk membuat para siswa bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Di sini nantinya para peserta didik akan diajarkan sebuah bahasa layaknya seperti masih bayi. Di mana metodenya yaitu  guru akan mempraktekkan sebuah dialog pendek yang satupun artinya belum bisa diterjemahkan.

Setelah itu guru akan memberikan instruksi kepada para siswanya untuk mengikuti dialog itu. Lalu peserta didik disuruh menebak maksudnya dari pose, ekspresi wajah dan berbagai hal yang telah dipraktekkan. Dalam hal ini para siswa dipaksa untuk berpikir agar mengerti isi dialog dan menghafalkannya.

  1. Total Physical Response

Metode ini nantinya akan dipraktekkan oleh guru dengan cara melakukan suatu pekerjaan. Misalnya duduk, berjalan, berdiri, pemegang benda, menulis dan menaruh buku. Namun sebelum pahlawan tanpa tanda jasa itu melaksanakan tindakan-tindakan tersebut, akan memerintahkan dirinya terlebih dahulu.

Di mana ketika memerintahkan dirinya  seorang guru akan menggunakan instruksi dalam bahasa asing. Kegiatan itu nantinya akan diulang beberapa kali hingga guru memberikan perintah kepada para peserta didiknya dengan instruksi yang sama. Dalam hal ini diharapkan siswa bisa melaksanakan seperti contoh.

  1. Community Language Learning

Perlu diketahui bahwa metode Ini pertama kali diperkenalkan oleh Charles A Curran yang merupakan seorang spesialis dalam hal konseling. Dalam metode ini nantinya untuk mengajarkan bahasa Inggris dan asing akan menggunakan teori pembelajaran konseling.

Pada cara ini seorang guru akan berperan sebagai konselor. Sementara didiknya merupakan klien. Metode ini memandang bahwa bahasa pembelajaran yang total dari diri seseorang meliputi psikologi misalnya emosi dan perasaan. Oleh karena itu bahasa guru yang digunakan harus menyesuaikan dengan keadaan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang tips mudah belajar bahasa Inggris yang bisa dilakukan secara otodidak. Namun perlu diketahui bahwa  dalam mempraktekkan tips itu dibutuhkan konsentrasi dan kedisiplinan yang tinggi. Hal itu dikarenakan tanpa adanya keduanya untuk bisa mahir berbahasa Inggris sangat sulit. Oleh karena itu kegiatan tersebut perlu  dilakukan secara rutin minimal 30 menit setiap hari.