Bagaimana Cara Melatih Anak Merangkak?

Pada umumnya, anak mulai merangkak di usia 7 sampai 10 bulan. Akan tetapi, setiap bayi pastinya memiliki tumbuh kembangnya yang berbeda-beda. Sebagai orang tua pastinya tidak perlu khawatir akan hal ini karena ada juga beberapa anak yang bahkan sudah menginjak usia 9 bulan namun belum juga bisa merangkak. Karena tidak semua bayi memiliki kemampuan untuk merangkak bahkan berjalan yang sama. Tumbuh kembang sang anak pun di setiap usia akan berbeda-beda.

Untuk membantu mengajari sang anak merangkak, Anda bisa mengajaknya untuk bermain sambil tengkurap. Bermain dengan posisi tengkurap juga bisa membantu untuk meningkatkan kekyatan dari otot bahu, otot punggung dan tangan untuk memudahkan sang anak merangkak. Kemudian, berikan mainan. Biasanya memancing dengan mainan kesukaannya juga bisa membantu agar sang anak berusaha meraihnya dengan cara merangkak.

Saat belajar merangkak, para orang tua juga harus menyiapkan tempat yang nyaman agar sang anak juga merasa nyaman pada saat ia harus berusaha untuk merangkak. Anda bisa menyediakan playmate yang empuk untuk sang anak sehingga Ketika ia kelelahan dan menjatuhkan kepalanya tetap aman karena alas yang digunakan aman dan empuk. Pastikan juga menyediakan tempat yang bersih untuk meminimalisir jika ada beberapa bakteri, hewan dan beberapa benda lain yang bisa mengganggu pada saat ia merangkak. Tempat yang bersih pun akan membantu menjaga Kesehatan dari sang anak.