5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning Agar Dapat Kembali Bersih

Lantai di kamar mandi yang berwarna kuning tentunya menghadirkan tampilan yang jauh dari kesan bersih. Sebaliknya, kondisi seperti ini membuat kamar mandi anda terlihat kotor dan menjijikkan sehingga membuat aktivitas menjadi kurang nyaman. Oleh karena itu, coba cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning berikut ini.

Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Menguning

  1. Gunakan Air Perasan Lemon

Air perasan lemon sudah dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu membantu membersihkan keramik kamar mandi yang menguning. Bahkan biasanya bahan ini banyak digunakan sebagai formula dalam cairan pembersih lantai. Pasalnya air lemon memiliki sifat asam yang membuatnya efektif dalam membersihkan keramik.

Jika sedang tidak ada pembersih lantai yang mengandung lemon, anda bisa membuat air perasan lemon sendiri. Kemudian isi ke dalam botol spray dan semprotkan pada keramik kamar mandi yang berubah warna menjadi kuning. Selanjutnya anda bisa menggunakan spons basah untuk meratakan dan menggosok lantai. Lalu bilas air perasan lemon dari lantai agar tidak licin.

  1. Gunakan Cuka Putih

Sama sama memiliki sifat asam seperti air perasan lemon, cuka putih terkenal mempunyai kemampuan yang baik dalam membersihkan. Termasuk membersihkan noda kuning yang menempel pada keramik lantai kamar mandi. Sifat asam pada cuka putih ini terbukti mampu menciptakan lingkungan yang dapat menahan pertumbuhan jamur, bakteri, dan lumut.

Bahkan cuka putih bisa memotong kelebihan mineral dari kotoran lainnya seperti buih sabun dan air bilas, yang notabene menjadi salah satu penyebab kenapa keramik lantai menjadi kuning. Untuk mengaplikasikan cara ini tidak jauh berbeda seperti sebelumnya. Anda bisa menyemprotkan cuka ke keramik lalu gosok menggunakan spons sampai keramik bersih.

  1. Pakai Soda Kue

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning berikutnya yaitu menggunakan soda kue. Karena bahan ini pun mudah ditemukan, tentu tidak ada salahnya jika mencoba. Apalagi soda kue dikenal sebagai pembersih alami yang efektif untuk menghilangkan residu dari bintik bintik air. Bahkan sifat abrasif ringan yang dimiliki dapat membantu menghilangkan noda membandel.

Pada cara ketiga ini, anda juga perlu menyiapkan spons. Gunakan spons dengan sedikit air untuk dicelupkan pada soda kue. Kemudian gunakan spons yang telah mengandung soda kue tersebut untuk menggosok kamar mandi. Anda bisa mengkombinasikannya dengan cuka putih atau perasan air lemon untuk hasil yang lebih baik dan cepat.

  1. Klorin

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan keramik lantai kamar mandi yang menguning yaitu klorin. Bahan yang terkandung dalam kaporit tersebut merupakan pemutih efektif yang begitu kuat dalam menghilangkan noda. Bahkan klorin diketahui mampu membunuh mikroorganisme seperti jamur, bakteri, lumut, dan ragi.

Cara menggunakannya yaitu cukup oleskan kaporit secara langsung pada keramik kamar mandi yang berwarna kuning. Pastikan anda menutupi semua area yang terkena noda kuning tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal. Kemudian tunggu selama beberapa menit dan gunakan sikat untuk menghilangkan noda sepenuhnya.

  1. Cairan Soda

Jika tidak menemukan bahan bahan sebelumnya dan di rumah hanya ada cairan soda, anda juga dapat memanfaatkannya untuk membersihkan keramik yang kuning. Cara ini dapat dilakukan apabila lantai belum terlalu berkerak. Caranya yaitu siram lantai kamar mandi dengan cairan soda, tunggu selama 15 menit, lalu gosok dengan sikat lembut hingga keramik bersih.

Tidak sulit bukan membersihkan keramik kamar mandi ? Apalagi bahan bahan di atas termasuk sangat mudah ditemukan. Bahkan anda bisa memanfaatkan hand sanitizer atau desinfektan yang mengandung alkohol agar kamar mandi semakin bersih. Sehingga kuman maupun bakteri benar benar hilang dari rumah anda.