Cara Membuat Kue Putu Ayu Sendiri Di Rumah

Selain teksturnya yang lembut keunikan dari kuliner ini yakin warnanya yang mencolok. Biasanya kue putu ayu ini dipadukan dengan kelapa parut. Hal itu tentunya membuat rasanya semakin enak dan gurih, sehingga membuat siapapun menjadi ketagihan.

Cara Membuat Kue Putu Ayu

Kue putu ayu terbuat dari tepung beras. Seiring berjalannya waktu dapat dibuat dari adonan telur atau bolu dengan dipadukan kelapa parut di atasnya. Untuk proses pembuatannya juga terbilang mudah namun diperlukan kesabaran ekstra.

Bahan-Bahan:

200 gram tepung terigu serbaguna.

2 butir telur ayam segar.

180 gram gula pasir.

½ sendok teh SP.

½ sendok teh vanili bubuk.

½ sendok teh baking powder.

200 ml santan kental.

½ sendok teh garam.

300 gram kelapa parut.

Daun pandan secukupnya.

Pewarna makanan.

Proses Pembuatan:

Pertama campurkan tepung terigu dan kelapa parut. Kemudian aduklah hingga rata. Setelah itu taruhlah ke dalam wadah tahan panas dan beri satu lembar daun pandan yang telah dipotong-potong. Kukuslah kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu taruhlah telur, gula pasir, SP dan vanili dalam wadah. Kocoklah semuanya bahan itu menggunakan mixer hingga adonan mengembang. Jika sudah masukkan tepung terigu dan santan sedikit demi sedikit, tambahkan baking powder. Terakhir masukkan kelapa parut itu ke dalam cetakan  tambahkan adonan kemudian tekan-tekan hingga rata lalu kukus kurang lebih 15 menit.

Perlu diketahui ketika menaruh adonan di dalam cetakan tidak boleh penuh. Hal itu bertujuan untuk memberi ruang pada saat adonan mengembang.