Belum Banyak yang Tahu Begini Cara Memperbaiki Hp yang Terkena Air

 

Gadgetinku, air merupakan salah satu musuh terbesar bagi perangkat elektronik tidak lain yaitu smartphone. Mengingat air bisa merusak berbagai macam komponen yang ada di dalam smartphone milikmu tadi tentunya. Maka dari itu, jangan sampai smartphonemu masuk ke dalam air atau bahkan hanya terkena cipatrannya sebab akan berpotensi merusak komponen perangkat komunikasimu nantinya hingga berujung mati total.

 

Apa Saja Akibat yang Ditimbulkan Saat Smartphone Terkena Air?

 

Ada beberapa jenis perubahan yang kerap terjadi apabila smartphone milikmu tadi terkena air. Salah satunya yaitu bunyi atau suara audio yang dihasilkan oleh smartphonemu tadi akan terdengar aneh. Bahkan, saat menyalakan kamera nantinya hasil layarnya akan menjadi kabur dan juga buram. Parahnya lagi, smartphonemu tidak mau dicharge karena terlalu banyak terkena air. Untuk mengatasi semua hal tersebut, coba ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini supaya nantinya smartphone milikmu bisa tetap normal kembali seperti sedia kala pastinya.

 

  1. Copot seluruh bagian dalam dari smartphonemu

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan melepas seluruh bagian dalam smartphonemu tadi. Namun sebelumnya, kamu jangan langsung melepaskannya begitu saja. Tetapi goyang-goyangkan terlebih dahulu sampai genangan air yang ada di dalam smartphonemu tadi benar-benar keluar. Lakukan hal tersebut secara perlahan supaya smartphonemu tidak jatuh nantinya.

 

Jika dirasa sudah keluar, coba lepaskan satu per satu sekrup yang ada pada casing smartphonemu dengan menggunakan obeng kecil. Namun kamu harus melakukannya dengan hari-hati, jika sudah keringkan di bagian dalamnya dengan menggunakan lap maupun hair dryer. Tetapi lakukan hal tersebut dengan jarak kurang lebih sebesar 30 cm dari atas smartphone.

 

  1. Perhatikan bagian layar dan baterainya

 

Setelah selesai mengeringkannya, coba bersihkan bagian lcd layarnya terlebih dahulu. Sebab, di bagian ini kerap mengalami masalah karena rentan dengan air karena berisi firamen yang begitu lunak dan tidak tahan terhadap kelembaban. Apabila bagian ini dibiarkan basah terlalu lama, maka nantinya bisa menimbulkan flek hitam. Jika sudah, keringkan bagian hp yang lainnya seperti pcb dan juga baterai dengan menggunakan blowe, kipas angin, maupun hair dryer tetapi ingat jangan terlalu dekat serta lama.

 

  1. Rendam dengan beras

 

Langkah yang satu ini kerap dilakukan oleh beberapa orang karena dinilai ampuh untuk mengatsi smartphone yang kemasukan air. Caranya yaitu ambil beras sekotak penuh dan tuangkan dalam baskom. Setelah itu, kamu tinggal meredam semua komponen smartphone itu tadi lalu tutup rapat dan pastikan terkubur dengan benar. Biarkan selama 6 sampai dengan 7 jam atau bahkan seharian supaya air yang ada di dalam smartphonemu tadi benar-benar menghilangkan. Tips ketiga ini dipercaya beberapa orang karena beras dapat menyerap embun dan juga air dengan baik.

 

  1. Pasang komponennya dan nyalakan kembali

 

Terakhir, kamu hanya tinggal memastikan semua komponen yang terendam di dalam beras tersebut benar-benar kering. Jika sudah, pasang satu per satu dan lakukan dengan hari-hati supaya tidak merusak komponen yang lainnya. Setelah itu, rakit casingnya kembali dan coba nyalakan smartphonemu.

 

Kemungkinan besar smartphonemu sudah bisa menyala dengan normal lagi setelah melalui keempat tahapan tersebut. Namun, jika ternyata smartphone masih tetap tidak mau menyala juga itu tandanya kerusakannya sudah sangat parah. Maka dari itu, mau tidak mau kamu harus segera membawa smartphonemu tadi ke service center terdekat supaya bisa ditangani lebih lanjut lagi.