Aman, Begini Cara Memperbaiki Hp Yang Terkena Air!

Apakah perangkat seluler kesayangan Anda baru tercebur ke dalam air? Tidak usah panik berlebihan. Anda bisa menghindari risiko kerusakan dengan mengaplikasikan cara memperbaiki hp yang terkena air dengan tepat.

Caranya sebenarnya cukup simpel. Asalkan dipraktikkan dengan benar. Air yang sifatnya merusak perangkat elektronik bisa dihindari.

Kali ini, Kami akan berbagi informasi bermanfaat tentang cara mengatasi android yang tercebur ke dalam air. Simak pertolongan pertamanya. Kemudian, hindari pantangannya jika ingin mendapati HP dalam kondisi seperti sedia kala.

Cara Mengeluarkan Air dari HP

Terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika hp baru tercebur ke dalam air. Mengutip dari website efyei, langkah penanganannya seperti berikut.

  1. Angkat HP Secepatnya

Keluarkan HP dari air menjadi pilihan yang tepat. Di sini, segerakan dan jangan sampai menunggu waktu lebih lama.

Tujuannya supaya air tidak masuk terlalu dalam. Dengan begitu, pengeluaran air dari perangkat jauh lebih cepat.

Di samping itu, segera matikan HP. Tujuannya supaya sistem tidak bekerja yang berisiko korsleting listrik.

  1. Keluarkan Materi yang Bisa Dicopot

Poin selanjutnya adalah mengeluarkan material yang bisa dilucuti. Di antaranya adalah Simcard, Memori Eksternal, hingga Baterai jika bukan baterai tanam.

Elemen yang sudah dikeluarkan perlu dikeringkan. Caranya cukup dilap dan diangin-anginkan.

  1. Keringkan LCD

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan LCD. Elemen ini sangat sensitif terhadap kelembapan yang ditimbulkan oleh air. Makanya, Anda dianjurkan untuk segera mengeringkannya.

Pengeringannya dilakukan dengan cara mengelapnya. Gunakan kain yang lembut. Kemudian, lap secara searah dan angin-anginkan.

Tujuan utamanya supaya LCD tidak terlalu lembap. Kalau terlalu lembap, LCD bisa mengembun dan memunculkan bekas yang sulit dihilangkan.

  1. Timbun ke Dalam Silica Gel

Setelah semuanya dilakukan, keluarkan air yang menempel di smartphone. Caranya dengan memanfaatkan silica gel.

Silica gel ini dapat mengeringkan kelembapan. Bahkan, bisa mencegah pengembunan yang muncul di layar smartphone.

Praktiknya, Anda cukup menimbun perangkat seluler ke dalam tumpukan silica gel. Biarkan hingga 2-3 hari.

Alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan beras. Beras dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerap air.

Penerapannya pun sama. Ponsel tersebut ditimbun ke dalam beras selama 2-3 hari. Dari proses penimbunan ini, beras akan menyerap air sehingga ponsel menjadi lebih kering.

Setelah kering, Anda tinggal membersihkannya dengan cara mengelapnya. Kemudian, kembalikan elemen yang dilucuti sebelumnya dan ponsel dapat dinyalakan seperti sedia kala.

Pantangan Ketika HP Terkena Air

Cara memperbaiki hp yang terkena air di atas bisa berhasil jika Anda tidak melanggar pantangannya. Jika dilanggar, dikhawatirkan jika perangkat dapat mengalami kerusakan saat itu juga.

Pantangan pertama adalah menyalakan hp. Ini merupakan kegiatan terlarang jika hp baru diselamatkan dari dalam air. Tujuannya untuk menghindari terjadinya korsleting akibat air.

Kedua adalah memencet tombol hingga menggoyangkan hp. Alasannya, kebiasaan ini bisa membuat persebaran air ke dalam perangkat sangat terbuka. Akibatnya, kondisi ini bakal menyulitkan proses pengeringan.

Ketiga adalah mengeringkan hp dengan hair dryer. Ini pun tidak direkomendasikan. Karena dikhawatirkan jika pengeringan ini malah menyulut pada panasnya komponen dalam.

Pantangan keempat adalah mengisi daya. Ini sebuah kekeliruan yang sifatnya fatal. Bisa-bisa, ponsel akan memunculkan asap lantaran korsleting.

Kesimpulannya, hindari hal yang bisa memicu kerusakan pada komponen ponsel. Jika sudah, terapkan cara memperbaiki hp yang terkena air seperti yang disebutkan di atas. Mulai dari menonaktifkan sampai mengeluarkan airnya.