Cara Memperbaiki Tembok Rumah Retak

 

Tembok menjadi salah satu bagian ada sebuah bangunan yang sering mengalami keretakan. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan cuaca atau sering terkena panas dan dingin. Akan tetapi jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serta memperbaiki keretakan yang terjadi pada tembok. Berikut ini penjelasannya yaitu :

  1. Mencegah Tembok Retak Rambut

Istilah retak rambut merupakan sebutan untuk jenis keretakan pada tembok yang ukurannya kurang lebih 1 mm saja serta memiliki bentuk yang bercabang-cabang. Ini penyebabnya adalah pengacian yang tidak sempurna misalnya pengaplikasian semen pada dinding dalam keadaan panas. Ini bisa menyebabkan tidak bisa menyatu dengan sempurna dan plesteran menjadi kering.

Anda bisa mencegahnya serta menanganinya dengan menutupi retakan menggunakan super semen. Ini bisa membantu dalam meningkatkan emulsi polimer. Cairan yang berwarna putih pada bahan tersebut dapat digunakan sebagai plesteran maupun perekat pada beberapa bahan seperti keramik dan lantai.

  1. Mengatasi Tembok Retak Karena Pergerakan Struktur Pondasi

Pada dasarnya sebuah pondasi rumah yang labil bisa menyebabkan terjadinya pergeseran tanah. Tentu saja Ini membuat data yang berada di dalamnya menjadi pecah dan akhirnya membuat plesteran serta acian pada dinding ikut retak juga.

Apabila terjadi hal tersebut maka segeralah melakukan perbaikan agar tidak semakin parah. Buatlah celah kecil antara dinding dengan menggunakan balok pada bagian atas. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi adanya penekanan.