3 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi Saat Menyusu, Catat!

Pada bayi yang baru lahir, cegukan saat menyusu merupakan hal yang wajar terjadi sampai anak berusia satu tahun. Cegukan tersebut terjadi lantaran adanya kejang otot pada diafragma. Karena cegukan adalah kondisi normal yang bisa berhenti dengan sendirinya, maka anda tidak perlu khawatir. Namun lakukan tindakan cara mengatasi cegukan pada bayi seperti berikut ini jika kondisi tersebut tak kunjung berhenti.

Mengatasi Cegukan pada Bayi Baru Lahir

  1. Perlambat Pemberian ASI

Cegukan biasanya sering terjadi ketika si kecil menyusu terlalu cepat. Jadi sebaiknya perlambat pemberian ASI ketika bayi mulai cegukan saat menyusu. Cara ini akan membantu menghilangkan cegukan bayi secara perlahan. Bahkan akan lebih baik apabila pemberian ASI dilakukan secara perlahan sejak awal, agar dapat menurunkan kemungkinan bayi mengalami cegukan.

  1. Biarkan Bayi Bersendawa

Setelah menyusui, anda dapat membiarkan si kecil bersendawa guna memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut untuk keluar. Sebab udara inilah yang menjadi salah satu faktor bayi cegukan. Anda bisa membantu bayi bersendawa dengan menepuk nepuk bagian punggungnya.

  1. Memeluk Bayi

Memeluk bayi ternyata juga dapat membantu mengatasi cegukan. Meskipun terdengar sederhana, cara ini terbilang cukup ampuh dan seringkali berhasil. Sebab memeluk bayi dapat memberikan ketenangan ketika tubuh mungilnya mengalami cegukan yang cukup mengganggu. Dalam beberapa menit, bayi pun akan berhenti cegukan secara perlahan.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi. Akan lebih baik apabila anda memperhatikan cara dan posisi yang tepat ketika menyusui si kecil. Dengan begitu risiko anak mengalami cegukan pun bisa diminimalisir. Karena meskipun cegukan dapat berhenti dengan sendirinya, namun kondisi tersebut pastinya membuat buah hati tidak nyaman.