Jangan Bingung! Berikut 3 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Memiliki bentuk yang pas digenggam dan ringan, HP menjadi alat komunikasi yang kini wajib dimiliki oleh semua orang. Yang mana karena bentuknya yang mudah dibawa ini, HP kerap kali terjadi kejadian seperti jatuh atau kemasukan air saat dikantongi. Jika hal seperti itu terjadi, anda jangan panik dan segera lakukan tiga cara mengatasi HP kemasukan air berikut.

3 Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

  1. Matikan Daya HP Sesegera Mungkin

Mengingat HP adalah alat komunikasi yang berbasis listrik, maka ketika terkena air sesegera mungkin matikan daya alat tersebut. Karena banyaknya kabel-kabel dari komponen yang tertanam di dalam HP, maka segera putus aliran sayanya agar tidak bereaksi dengan air. Sehingga jika dimatikan dayanya, bisa mengurangi resiko konsleting karena reaksi tersebut.

Lebih dari itu, dengan sesegera mungkin mematikan daya HP, maka bisa mengurangi resiko kerusakan yang dialami HP. Selain konsleting, jika kabel-kabel tersebut bereaksi dengan air, mungkin saja bisa mempengaruhi performa HP dan berakhir rusak. Untuk itu, langkah pertama yang bisa dilakukan saat HP kemasukan air adalah mematikan dayanya dengan segera.

  1. Lepaskan Aksesoris dan Komponen HP

Cara mengatasi HP kemasukan air kedua yaitu mematikan daya HP. Setelah mematikan daya HP, anda bisa mulai untuk melepaskan aksesoris yang ada pada HP. Misalnya saja case HP. Hal ini bertujuan agar air yang berada di sela-sela aksesoris tersebut bisa segera kering, juga menghindari adanya penumpukan air pada permukaan HP karena tertahan oleh aksesoris semacam ini.

Kemudian, anda bisa membuka bagian slot kartu SIM dan memori di HP. Lalu keluarkan kartu-kartu tersebut, hal ini untuk menghindari adanya air yang masuk melalui slot tersebut dan bisa merusak kabel dari HP tersebut. Selain itu, dengan melepasnya dari HP, anda bisa menghindari kerusakan kartu-kartu tersebut karena terkena air. Sehingga segera lepaskan aksesoris dan kartu yang menempel pada HP yang kemasukan air.

  1. Lap dan Keringkan HP

Cara mengatasi HP kemasukan air ketiga yaitu langsung mengeringkan HP anda dengan tisu atau kain kering. Segera lakukan hal ini untuk mengurangi jumlah air yang ada di dalam HP. Anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk membantu menjangkau area yang susah dilap seperti slot kartu SIM atau memori. Pastikan tidak ada air atau debu yang tersisa terutama pada tempat-tempat yang tersembunyi.

Cara mengatasi HP yang kemasukan air yang dianggap efektif selanjutnya adalah mengeringkan HP dengan menggunakan beras atau silicon gel. Anda bisa mengubur HP di tempat beras atau menumpuknya di tumpukan silicon gel untuk mempercepat hilangnya kadar air pada HP. Akan tetapi, anda harus menghindari mengeringkan HP dengan hair dryer atau vacuum cleaner.

Kila karena jika anda bertanya tentang menggunakan tiga cara mengatasi HP kemasukan air maka yang biasanya, anda akan diarahkan untuk mengeringkan material terlebih dahulu. Dan bahasa yang digunakan atau di UK but tertarik pada dunia ini. Lebih dari itu, siswa akan dimintai bantuan untuk mengatur mahasiswi ini.

Untuk menangani HP yang kemasukan air, ada tiga langkah pertama yang bisa dilakukan seperti yang sudah disebutkan di atas. Jangan langsung panik jika HP anda kemasukan air, tapi segera lakukan cara-cara tersebut agar bisa mengurangi resiko kerusakan HP anda karena terkena air. Lebih dari itu, anda bisa mendapatkan info dan cara terkini tentang teknologi melalui laman stophoax.id.