Cara Mengatasi Mencret Pada Balita

Menceret bisa terjadi pada siapa saja tidak hanya orang dewasa, anak balita juga bisa mengalami mencret. Karena itu, jika saat ini anak balita Anda sedang mengalami menceret, Anda harus menerapkan beberapa cara mengatasi mencret pada balita dengan efektif berikut ini.

1. Cairan oralit

Cara mengatasi mencret pada balita yang harus orang tua berikan pertama adalah memberikan anak oralit. Oralit merupakan obat mencret yang bisa mambatantu anak terhindar dari dehidrasi.

Anda bisa membeli oralit dengan mudah di apotik dalam bentuk serbuk. Larutkan oralit dengan menggunakan air matang dan berikan oralit kepada anak sesuai dengan dosis berdasarkan usia anak.

Saat memberikan oralit sebaiknya tidak memberikannya dalam 6 jam pertama saat anak mencret, pastikan untuk mengimbanginya dengan memberikan anak air dan makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi untuk menambahkan energi pada tubuh anak.

2. Suplemen zinc

Selain oralit, memberikan balita suplemen zink juga bermanfaat untuk mengtasi mencret dengan efekti. Suplemen zinc bisa membantu meringankan gajala diare dan membuat anak lebih cepat sembuh dari diare.

Jika anak masih berusia di bawah 6 bulan maka Anda hanya boleh memberikan suplemen zinc sebanyak 10 mg dalam sehari atau yang terbaik konsultasikan dengan dokter.

3. Suplemen probiotik

Suplemen probiotik bisa bermanfaat untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga sangat efektif untuk mengatasi mencret pada balita.

Penamabahan bakteri baik yang terkandung dalam probiotik ini akan menghilangkan bakteri jahat penyebab mencret pada balita.

Selain menambahkan bakteri baik, probiotik juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh anak akan meningkat.

Sama dengan suplemen zink, pemberian suplemen probiotiok pada anak balita juga dosisinya harus dikonsultasikan dengan dokter.