Cara Mengatur Lebar Kolom Pada Microsoft Excel 2007

Kapasitas kolom di dalam sel Microsoft Excel memang memiliki batasan. Jadi jika Anda memasukkan angka atau huruf yang melebihi kapasitas, maka sebagian data tentu saja tidak bisa ditampilkan. Bagi pengguna Microsoft Excel 2007 tentunya membutuhkan pemahaman untuk merapikan kolom sel sehinggi tidak terliihat kurang rapi itu.

Sebenarnya ada beberapa cara mengatur lebar kolom pada microsoft excel 2007 sekaligus juga menjadi solusi untuk memperbaiki tampilan, baik dari segi lebar dan tinggi sel menyesuaikan kebutuhan. Dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaturnya.

4 Cara Mengatur Lebar Kolom Pada Microsoft Excel 2007

Jika dibandingkan dengan sistem pengaturan aplikasi lainnya, Microsoft Excel bisa dikatakan sangatlah sederhana sekali. Mengingat semua menu dalam pengaturannya sudah tersedia di barisan tool diatas media pengolah data. Jika Anda ingin mengatur lebar kolom, berikut ini sejumlah cara yang bisa dijalankan.

  • Mengatur Memakai Mouse

Untuk mengatur lebar kolom di Microsoft Excel, Anda bisa langsung menggunakan Mouse. Dalam setiap cell akan terdapat menu atau baris yang bisa digeser menggunakan Mouse. Baik di sisi kanan dan kiri, serta di bagian bawah. Bagian ini bisa digeser dengan memanfaatkan drag mouse dimana pemakai tinggal menyesuaikan lebar dan panjang kolom sesuai dengan kebutuhan.

  • Mengatur Memakai Menu Format

Selain itu untuk menyesuaikan lebar kolom di Microsoft Excel, Anda bisa memanfaatkan menu yang ada. Silahkan sorot lebih dulu bagian cell yang akan dirubah ukurannya. Lalu masuk ke Format > Tab Menu File > Ribbon  sesuikan dengan kebutuhan.

  • Untuk mengatur ukuran lebar kolom memakai cara ini, berikut ini pejelasannya.

  • Menu Row Height digunakan untuk mengatur seberapa luas tinggi baris pada kolom yang diinginkan.

  • AutoFit Row Height digunakan untuk mengatur ulang tinggi baris pada sebuah kolom. Anda bisa menyesuaikan panjang sel dengan panjang data yang ingin ditampilkan.

  • AutoFit Columm Width digunakan untuk menyesuaikan lebar kolom sesuai panjang data yang tersedia didalam sel.

Sedangkan pada menu Column Width digunakan untuk mengatur keseluruhan lebar kolom sesuai keinginan.

  • Mengatur dengan AutoFit

AutoFit selama in dipakai sebagai pengaturan cepat untuk menyesuaikan panjang tulisan berdasarkan lebar kolom cell excel. Dengan melakukan pengaturan awal memakai cara ini maka Anda akan semakin mudah menyesuaikan lebar kolom dari awal sampai akhir. Jadi tidak mengatur kembali setelah tulisan sudah berada di kolom excel.

Untuk menyamakan lebar kolom pada Microsoft Excel maka Anda cukup menyorot bagian kolom yang dipilih melalui Range Cell. Untuk menyesuakka lebar kolom silahkan memilih menu AutoFit Column Width. Dan untuk menyesuaikan tinggi kolom silahkan memilih menu AutoFit Row Height.

  • Mengembalikan Default Kolom

Apabila pengguna Microsoft Excel ingin mengembalikan setelah awal lebar kolom bisa memakai setelan Default Kolom. Untuk menyesuaikan lebar aslinya biasanya pengaturan angkanya adalah 15. Untuk mengaturnya berikut ini langkahnya.

  • Silahkan sorot bagian Sel atau Range yang akan dilebarkan atau di kembalikan ke setelan sesuai keinginan.

  • Kemudian klik Format pada menu Tab File Microsoft Excel.

  • Silahkan mengatur ulang ke Default Width maka lebar kolom sudah bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah sejumlah cara mengatur lebar kolom pada microsoft excel 2007 yang bisa Anda jalankan. Perlu diingat, tidak semua tulisan akan membutuhkan ukuran kolom yang sama. Sehingga pengguna memang harus menyesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhannya.