Jangan Panik! Berikut Cara Mengobati Mata Kuning pada Bayi Baru Lahir

Sebagai orang tua sudah sepantasnya untuk memperhatikan kesehatan pada buah hati, terlebih jika masih baru lahir. Sebab dalam dunia medis ada banyak gangguan yang sering terjadi pada bayi jika baru lahir, salah satunya adalah mata kuning. Lalu bagaimana cara mengobati mata kuning pada bayi baru lahir? Jangan khawatir, berikut penjelasannya untuk anda.

Cara Mengobati Bayi Baru Lahir yang Bermata Kuning

  1. Memberikan Asupan ASI yang Seimbang

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan asupan asi yang cukup. Sebab salah satu hal yang membuat bayi baru lahir dengan mata kuning karena kurangnya asupan asi pada dirinya. Lalu seberapa takaran ASI yang pas buah buah hati? Biasanya yaitu sekitar 8 hingga 12 kali dalam seharinya.

  1. Memeriksakan ke Dokter

Langkah yang kedua ini dilakukan jika dengan menggunakan cara pertama masih kurang manjur. Biasanya jika anda memeriksakan pada dokter akan diberi semacam obat atau vitamin yang nantinya bisa berfungsi mengeluarkan bilirubin dalam feses. Dan pastikan jika buah hati tidak terpapar dengan cahaya matahari secara langsung.

  1. Mengkonsumsi Obat Diuretik

Obat diuretik  ini bisa diberikan pada buah hati pada saat ia mengalami keluhan penyakit kuning yang disebabkan oleh sirosis hati. Tujuan dari penggunaan obat diuretik ini adalah untuk menurunkan cairan yang ada dalam tubuh. jika serioses hati pada anak tersebut sudah mulai menurun, maka mata kuning pada buah hati juga bakal pulih dengan sendirinya.

Paparan di atas menjelaskan bahwasannya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi baru lahir yang memiliki mata kuning bisa dilakukan dengan 3 langkah. Mulai dari memberinya ASI yang cukup, memeriksakan ke dokter, dan memberi obat diuretik jika penyakit tersebut disebabkan oleh sirosis hati.