Bagaimana Cara Meningkatkan Semangat Gotong-royong di Lingkungan Sekolah

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki sifat ramah dan suka gotong royong.  sehingga semangat gotong-royong perlu dibina termasuk di dalam lingkungan sekolah.

Apalagi  peran sekolah adalah rumah kedua bagi para siswa. Tentu kerja sama yang baik akan menumbuhkan rasa persatuan pada siswa dan membuat lingkungan sekolah menjadi harmonis yang nyaman.

Lalu bagaimana cara meningkatkan semangat gotong-royong di lingkungan sekolah yang mudah untuk diterapkan?

1.      Olahraga Bersama

Biasanya saat di sekolah pada setiap hari Jumat dilakukan kegiatan senam pagi bersama yang dii Ekstrakurikuler kuti oleh seluruh siswa di sekolah. Selain membuat tubuh lebih sehat dan bugar kegiatan ini merupakan sebuah cara untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong-royong di sekolah.

2.      Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler diadakan guna untuk mengasah bakat dan minat siswa di luar jam sekolah. Tidak hanya itu siswa juga bisa melatih dan mengembangkan semangat kebersamaan dan gotong-royong dengan teman lainnya. Kegiatan tersebut seperti kelompok ilmiah, Pramuka, kelompok bahasa, kesenian olahraga, musik, dan sebagainya.

3.      Kegiatan Organisasi di Sekolah

Organisasi di sekolah melibatkan siswa dalam kegiatannya seperti OSIS dan PMI bisa menjadi metode yang tepat bagaimana cara menumbuhkan semangat gotong-royong di lingkungan sekolah. Sebagai pengurus OSIS tentu  harus bekerja sama dengan anggotanya dan melakukan diskusi setiap ada kegiatan sekolah.