Ciri-ciri Pantun Adalah

Berikut ini ciri ciri pantun dan contohnya. Simak ulasan berikut. Pantun sendiri telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kebudayaan di Indonesia secara turun temurun hingga kini masih lestari di tengah masyarakat dan dipelajari di sekolah sekolah.

Pantun dan Budaya Indonesia

Pantun memang bagian tidak terpisahkan dari budaya Indonesia. Sejak dulu hingga kini pantun di nusantara terus lestari dan dilestarikan oleh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Indonesia sendiri memang terkenal dengan beragamnya seni budaya yang tersebar di seantero negeri, dari Sabang hingga Merauke. Seni budaya ini telah ada turun temurun dan diwarisi oleh anak bangsa dari generasi ke generasi.

Meskipun tergerus zaman modern, namun sebagian tradisi asli Nusantara masih terpelihara. Meski demikian, anak bangsa harus berupaya untuk terus menerus melestarikan termasuk melestarikan tradisi pantun. Di beberapa wilayah misalnya, pantun masih terus dirawat. Misalnya di tanah Jawa, paparikan atau pantun masih kerap ada pada suatu momen seperti acara acara tertentu.

Begitu juga di Sunda, paparikan atau pantun juga masih kerap digunakan dalam suatu acara  termasuk juga di Batak dan di sejumlah wilayah nusantara lain.

Hal ini menunjukan bahwa pantun yang merupakan bagian dari budaya Indonesia belum luntur meskipun gempuran zaman modern.

Nah supaya kita bisa lebih mengenal pantun berikut ini akan membahas sedikit mengenai apa itu pantun, ciri ciri pantun dan contoh.

Pengertian Pantun

Dilansir dari Yuksinau.id, Pengertian pantun yaitu jenis puisi lama yang sejak dulu dikenal di nusantara. Pantun asal katanya dari bahasa Minangkabau "Pantuntin" yang artinya penuntun, petunjuk dan sejenisnya.

Daerah daerah di Indonesia punya nama sendiri sendiri untuk menyebut pantun. Misalnya daerah Jawa menyebutnya sebagai parikan. Bahasa Sunda pantun disebut paparikan dan Umpasa dalam bahasa Batak.

Fungsi Pantun

Fungsi pantun adalah suatu kesenian dan bisa jadi sebuah pantun, nasihat melalui kata-kata di dalamnya. Pantun juga sering ada ketika mengisi acara adat dan hiburan. Seiring waktu pantun kian berkembang, kini bahkan menjadi suatu permainan kata kata.

Ciri Ciri Pantun Adalah

Pantun dapat dikenali melalui ciri cirinya berikut ini :

Terdiri dari 4 baris

Satu baris terdiri dari 8 hingga 12 suku kata

Baris pertama dan kedua pantun adalah sampiran

Baris ketiga dan keempat pantun adalah isi

Pantun bersajak a-b-a-b

Sampiran dalam Pantun

Sampiran dalam pantun adalah kata kata dalam dua baris pertama yakni baris pertama dan kedua. Sementara isi pantun adalah kata kata pantun dalam dua bwria terakhir, yakni baris ketiga dan keempat.

Contoh Pantun

Berikut ini contoh pantun untuk melengkapi pemahaman tentang ciri ciri pantun.

Contoh 1

Kancil melompat katak heran

Katak lompat pelan-pelan

Sebentar lagi kita liburan

Ingin aku jalan-jalan

Contoh 2

Ke pasar beli balon udara

Di tengah jalan balonnya meletus

Betapa hati sangat gembira

Nilai ujian dapat seratus

Contoh 3

Ke pasar beli kapur barus

Pulang ke rumah lewat jalan lurus

Jaga jarak itu harus

Virus jadi kabur terus

Contoh 4

Pergi ke pasar naik kuda

Pergi pagi bersama mumu

Wahai anak-anak muda

Ayolah jaga tubuhmu

Nah itulah tadi sedikit pembahasan  tentang ciri ciri pantun, pengertian pantun, bagian bagian pantun dan contoh contohnya. Dengan mengetahui pembahasan diatas, kamu pun sekarang bisa mengetahui apa itu pantun dan bahkan bisa membuat pantun sendiri.