Contoh Teks Eksplanasi Beserta Penjelasan Strukturnya, Mau Tahu?

Tidak sedikit orang yang masih kebingungan dalam membuat teks eksplanasi. Padahal, membuat teks eksplanasi tersebut sangatlah gampang lho! Nah, jika kamu masih bingung berikut simak pembahasan mengenai contoh dan juga struktur dari teks eksplanasi tersebut ya!

Kamu bisa membuat contoh teks eksplanasi mengenai peristiwa gempa bumi. Di bagian struktur pernyataan umumnya bisa kamu isi dengan pengetahuan dasar maupun informasi secara umum dari gempa bumi itu sendiri.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat pernyataan mengenai definisi dari gempa bumi itu sendiri. Setelah itu disertai dengan penyebab yang mendasarinya hingga akibat apa saja ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Selain itu, daerah mana saja yang biasanya terkena imbas gempa bumi tersebut.

Dengan kata lain, kamu harus mendeskripsikan gambaran umum dari gempa bumi itu sendiri. Jika sudah, terangkan penjelasan dari pernyataan umum itu tadi terkait proses terjadinya hingga sebab akibat  dari gempa bumi tersebut. Selesai, kamu tinggal menginterpretasikan alias memberikan kesimpulannya saja.

Dimana kamu bisa memberikan tanggapan, kesan, pandangan, hingga pendapat akan peristiwa gempa bumi itu tadi. Kamu bisa membuatnya menjadi 3 paragraf saja alias tidak perlu terlalu banyak.

Dengan begitu, para pembaca pun akan lebih mudah dalam memahami teks eksplanasi yang kamu buat itu tadi. Di paragraf pertamanya bisa diisi dengan pernyataan umum lalu dilanjutkan dengan urutan sebab akibatnya. Terakhir, paragraf ketida bisa isi dengan kesimpulanmu.