Gaji Pegawai Bank

Pegawai bank merupakan salah satu profesi yang direkomendasikan. Pasalnya, gaji yang ditawarkan terbilang cukup menggiurkan. Pegawai bank juga tidak hanya diberikan gaji pokok. Ada juga bonus dan juga berbagai tunjangan seperti tunjangan transportasi, bahan pokok, asuransi kesehatan, hingga tunjangan pensiun.

Posisi Pegawai Bank dan Rincian Gaji

Tentunya gaji yang diperoleh tidak sama rata mengingat profesi sebagai pegawai bank memiliki banyak posisi. Berikut beberapa posisi pegawai bank dan gajinya:

  1. Frontliner Staff

Posisi yang pertama adalah frontliner staff yang mencakup customer service, teller, serta satpam. Posisi ini sangat cocok bagi Anda yang senang berinteraksi dengan banyak orang karena tugasfrontliner adalah menghadapi nasabah secara langsung.

Sebagai pegawai bank di garda terdepan yang terhubung langsung dengan nasabah, frontliner staff harus mampu memberikan informasi, mendengarkan keluhan, hingga memberikan solusi atas masalah nasabah.

Melansir dari website Gajiterbaru.com, gaji pegawai bank posisi frontliner staff berkisar Rp2,75 hingga 3,6 juta per bulan, hampir sama dengan gaji pegawai Pegadaian.

  1. Back Office Staff

Jika frontliner tugasnya berhubungan langsung dengan nasabah, back office staffbertugas di bagian back office. Misalnya mengurusi hal-hal yang bersifat pembukuan atau administratif.

Back office staff dibagi menjadi banyak posisi, seperti bagian administrasi pinjaman, bagian kliring, petugas IT, bagian quality assurance alias penilaian kinerja layanan bank, bagian rumah tangga yang mengurus SDM dan logistik, dan lain-lain.

Banyaknya posisi tersebut membuat kisaran gaji back office staff menjadi bervariasi. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp4 juta per bulannya dan dapat lebih besar tergantung dari posisi pegawai serta besar bank.

  1. Account Officer

Tugas account officer adalah menawarkan pinjaman atau pembuatan kartu kredit kepada nasabah yang sesuai dengan kriteria, melakukan follow up, menilai dan mengevaluasi ajuan kredit, hingga mengelola kredit nasabah.

Dengan tugas tersebut, seorang account officer dapat memperoleh gaji sekitar Rp4 juta per bulan, tetapi juga dapat lebih besar sesuai dengan kinerja karyawan serta besarnya bank. Account officer juga dapat memperoleh bonus jika mencapai target mencari nasabah.

  1. Supervisor

Tugas supervisor adalah untuk mengawasi serta mengarahkan staf untuk meraih sasaran atau target kinerja di unit kerjanya. Oleh karena itulah pegawai bank di posisi ini dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni agar dapat menjadi jembatan komunikasi antara pelaksana atau karyawan dengan manajer.

Dengan perannya yang begitu penting, supervisor dapat memperoleh gaji pokok antara Rp6 hingga 12 juta per bulan.

  1. Auditor

Auditor bertugas untuk melakukan audit atau penilaian terhadap kegiatan operasional bank secara teratur, memverifikasi seluruh pembukuan, dan menyampaikan hasil temuan kepada direksi dan komisaris bank dalam bentuk laporan.

Gaji yang dapat diperoleh auditor disesuaikan dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, yaitu sekitar Rp6 jutaan per bulan.

  1. Manajer

Posisi manajer bank antara lain relationship manager, marketing manager, credit analyst manager, serta compliance manager. Posisi ini tidak mudah untuk dicapai karena ada banyak kriteria yang harus dipenuhi dan tanggung jawabnya besar. Melansir dari website Gajiterbaru.com, gaji manajer bank berkisar Rp8 hingga 19 juta per bulan.

  1. Kepala Cabang

Kepala Cabang harus memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang timbul. Artinya, risiko dan tingkat stresyang dihadapi besar. Oleh karena itulah gaji pegawai bank yang diberikan untuk posisi ini juga disesuaikan, sekitar Rp16 hingga 23 juta per bulan.