Mengenal Ikan Paus Biru yang Berukuran Besar

Ikan paus biru menjadi simbol dari beragam spesies ikan paus lainnya, karena ikan paus biru memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan spesies ikan paus biru dianggap sebagai hewan laut terbesar di bumi.

Karakteristik ikan paus biru ini pulalah yang menjadikannya berbeda dengan berbagai jenis ikan paus lainnya. Dalam banyak hal, ikan paus biru juga menjadi hewan laut yang paling sering berinteraksi dengan manusia.

Panjang Ikan Paus Biru

Ikan paus biru yang sudah dewasa umumnya memiliki panjang hingga mencapai 33 meter dan ikan paus biru berkelamin betina memiliki bentuk ukuran paling panjang besar dibandingkan ikan paus biru jantan.

Demikian pula bobotnya, ikan paus biru betina memiliki bobot paling besar dibanding ikan paus jantan, dengan bobot maksimal ikan paus biru yang pernah diukur adalah seberat 190 ton, berat ini setara dengan berat 30 ekor gajah atau setara dengan berat 2.500 orang.

Ikan Paus Biru Spesies Paling Cerdas

Ikan paus biru juga dianggap sebagai spesies ikan paus yang paling cerdas dan terbilang jinak jika bertemu manusia. Kemampuan berburu mangsanya juga terbilang baik hal ini karena indera penciumannya yang terbilang kuat bahkan hingga radius ratusan meter.

Paling Banyak Diburu

Populasi ikan paus biru juga berada dalam keadaan yang mengkhawatirkan karena spesies ini menjadi yang paling banyak diburu oleh manusia untuk berbagai kebutuhan seperti untuk konsumsi karena dagingnya dihargai dengan cukup mahal.