Laksan dan Tekwan Kuliner Khas Palembang Variasi dari Pempek

Biasanya kalau berbicara tentang kuliner Palembang maka hal pertama yang muncul di pikiran adalah Pempek. Pempek merupakan makanan olahan yang merupakan perpaduan dari ikan dan sagu ikan yang sering digunakan untuk Pempek adalah ikan Tenggiri karena cita rasa dari ikan tersebut begitu kuat sehingga memberikan aroma ikan yang sangat menarik selera untuk Pempek. Tapi penyajian makanan olahan ikan dan tepung sagu di Palembang bukan hanya Pempek. Ada sejumlah makanan lain yang juga berasal dari bahan yang sama tapi penyajiannya sedikit berbeda.

 

Tekwan adalah perpaduan ikan dengan tapioca. Makanan ini lebih umum dikenal sebagai bakso ikan tapi karena bakso memiliki bentuk bulat maka tekwan menjadi makanan yang mudah dibedakan dengan bakso ikan biasa karena penampilan tekwan tidak bulat tapi lebih tidak beraturan. Makanan ini biasanya disajikan dengan mie putih, irisan bengkuang dan jamur kuping. Kemudian ditambahkan kuah udang dan daun bawang.

 

Makanan lain yang juga berasal dari tepung sagu dan ikan adalah Laksan. Makanan ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dari Pempek tapi kuah yang digunakan tidak sama dengan kuah Pempek. Makanan ini disajikan dengan kuah bersantan seperti lontong sayur. Rasa dari makanan ini tentu saja berbeda dengan cita rasa yang disajikan di dalam Pempek dan uniknya makanan ini jarang ditemukan di daerah lain karena kalah pamor dari Pempek.