Mitos Gunung Kelimutu Tentang Kiamat Jika Airnya Begini

Mitos Gunung Kelimutu hingga sekarang masih menyisakan banyak pertanyaan. Gunung yang terletak di Desa Pemmo, Kecamatan Kelimutu, NTT ini memang menyimpan aura mistis yang membuat gunung dikenal banyak wisatawan.

Berbagai cerita tentang bercampurnya warna danau di kawah membuat tanya banyak kalangan. Benarkah hal tersebut akan terjadi dan apakah kamu tahu mitos yang tersembunyi di sana?

Mitos Gunung Kelimutu

Gunung indah ini memang selalu menyisakan rasa penasaran terlebih konon danaunya merupakan penyimpanan jiwa yang meninggal. Mitos yang sangat terkenal ini di antaranya adalah:

  1. Tempat Bersemayam Jiwa Orang Meninggal

Suku Lio di Flores mempercayai jiwa roh yang meninggal bersemayam di Danau Kelimutu. Menurut mereka perubahan warna danau akan mengundang bencana besar yang membahayakan daerah sekitar.

  1. Ritual Adat Pati Ka Konde

Masyarakat adat tak lagi melakukan ritual Pati Ka Konde. Hal ini menimbulkan banyak kekhawatiran akan bencana yang mungkin datang.

  1. Sekat Danau Kawah Terkikis

Terkikisnya sekat dan sekarang sudah tidak setebal dulu. Hal ini menimbulkan rasa khawatir jika ambruk maka kedua danau akan bercampur dan bahaya menghadang.

  1. Kiamat

Kedua danau tersebut Bernama Danau Tiwu Nuwa Muri Ko’ofai berwarna biru muda dan Tiwu Ata Polo dengan warna biru toska. Danau dipercaya sebagai tempat bersemayam orang-orang yang telah meninggal. Jika kedua warna danau itu bercampur maka mereka percaya kiamat akan terjadi.

Mitos Gunung Kelimutu tentang kiamat memang sudah banyak yang tahu. Semua mitos kembali pada diri masing-masing, apakah kamu percaya atau tidak.