Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Nyeri di Dada Kanan

Rasa nyeri di dada bisa muncul kapan saja dan di bagian dada mana saja. Salah satunya adalah rasa nyeri di dada bagian kanan. Rasa nyeri tersebut merupakan salah satu gejala yang diakibatkan oleh adanya gangguan kesehatan. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui penyebab rasa nyeri di dada bagian kanan serta bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada rasa nyeri tersebut.

Salah satu penyebab adanya rasa nyeri di bagian dada kanan adalah gangguan beberapa penyakit paru - paru seperti pneumonia, emboli paru, asma, hipertensi paru, radang selaput paru, dll. Penyebab rasa nyeri di bagian dada kanan yang lainnya adalah patah tulang rusuk yang diakibatkan oleh benturan. Sehingga, trauma yang terjadi pada tulang rusuk menekan dada dan membuat nyeri di bagian dada kanan. Selain benturan, patah tulang rusuk juga bisa diakibatkan karena adanya batuk hebat.

Jika seseorang mengalami rasa nyeri di bagian dada kanan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Salah satunya adalah beristirahat cukup. Hal ini dilakukan untuk membantu otot dada agar bisa berelaksasi sehingga rasa nyeri akan berkurang. Selain itu, penderita juga bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang aman dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Jika rasa nyeri di bagian dada kanan terus berlangsung, penderita harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.