Indahnya Pemandangan di Penanjakan Bromo Jatim

Ketika wisatawan berbicara tentang Gunung Bromo, mereka mungkin berpikir tentang keindahan pemandangan alam, kawah, dan matahari terbit yang keemasan. Karena penduduk setempat mengizinkan semua orang untuk naik ke puncak gunung dan menikmati semua atraksi di sana. Selama mereka tidak terlalu dekat ke kawah, mereka baik untuk pergi.

Berburu Sunrise

Nah, bagaimana dengan menyaksikan matahari terbit? Di mana tempat terbaik untuk melakukannya? Menurut penduduk setempat, ada tempat terkenal yang disebut Penanjakan Bromo, yakni  Penanjakan 1 & 2.  Keduanya dianggap sebagai situs terbaik untuk berburu golden sunrise dan menikmati panoramanya.

Banyak sekali pengunjung yang datang ke Penanjakan Bromo setiap harinya. Karena alasan ini, pemerintah daerah memutuskan untuk meningkatkan kualitas situs. Di Penanjakan 1 (terletak di Wonokitri Pasuruan) misalnya, wisatawan bisa menemukan posko dan beberapa penjual makanan. Beberapa kursi juga tersedia di sana.

Beberapa pohon dan semak tumbuh di sana juga, tetapi jumlahnya sedikit. Nuansa di Penanjakan 2 (terletak di Probolinggo) sebenarnya tidak jauh berbeda. Satu hal, mereka berada di area yang terpisah sehingga wisatawan harus memilih salah satu dari tempat tersebut.

Menjelajahi Pemandangan Penanjakan Bromo

Meski Penanjakan 1 dan Penanjakan 2 memiliki kesamaan karakteristik, namun memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui wisatawan. Misalnya, itu adalah ketinggian. Penanjakan 1 berada pada ketinggian 2.770 mdpl dan terletak di sebelah barat daya Gunung Bromo. Di tempat ini, wisatawan mengakui keindahan matahari terbit dan menamakannya “The Famous of Sunrise”. Dari lokasi tersebut wisatawan juga dapat melihat pegunungan, Pasir Berbisik, dan masih banyak lagi. Ketika datang ke cuaca, rasanya sangat menyegarkan di sana. Belum lagi suasananya yang ramai.

Bagaimana dengan Penanjakan 2?

Di kawasan ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang disebut “Bromo Sunrise”. Satu hal, lokasinya tidak setinggi Penanjakan 1. Pasalnya, wisatawan bisa mencapai lokasi dengan lebih mudah. Itu juga menjadi alternatif ketika yang lain terlalu ramai. Adapun informasi, situs itu pernah ditutup karena longsor.

Untungnya, pemerintah setempat telah mengalami penyempurnaan sehingga tetap dapat diakses oleh wisatawan. Dari segi popularitas, Penanjakan View 1 sudah pasti lebih populer daripada pilihan lainnya karena tempat menontonnya lebih tinggi. Karena itu, mereka menganggapnya sebagai tempat yang lebih baik untuk menyaksikan matahari terbit dan cuaca terasa lebih nyaman di sana.

Terlepas dari pilihannya, wisatawan dapat memanfaatkan layanan jeep untuk mencapai lokasi. Hal ini cukup membantu terutama bagi mereka yang memiliki stamina rendah, sebenarnya. Begitu sampai di lokasi, mereka harus berjalan kaki sekitar 10 menit melewati tangga. Yah, itu sedikit melelahkan memang.

Dari segi popularitas, Penanjakan Bromo 1 sudah pasti lebih populer daripada pilihan lainnya karena tempat untuk melihat pemandangan lebih tinggi. Karena itu, mereka menganggapnya sebagai tempat yang lebih baik untuk menyaksikan matahari terbit dan cuaca terasa lebih nyaman di sana. Terlepas dari pilihannya, wisatawan dapat memanfaatkan layanan jeep untuk mencapai lokasi. Hal ini cukup membantu terutama bagi mereka yang memiliki stamina rendah, sebenarnya.

Begitu sampai di lokasi, mereka harus berjalan kaki sekitar 10 menit melewati tangga. Yah, itu sedikit melelahkan memang. Atraksi Terdekat Sudut Pandang Gunung Bromo Air Terjun Madakaripura Ranu Regulo Bukit Flora Bukit Cinta Bukit Kingkong Bagaimana menuju ke sana Mereka yang ingin mengunjungi Penanjakan 1 harus menuju ke Pasuruan Indonesia sedangkan yang lain yang ingin mengunjungi Penanjakan 2 harus menuju Probolinggo Indonesia. Rute terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Bromo dan memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung dari mana mereka berangkat.

Jika kamu belum berpengalaman untuk menuju ke Penanjakan Bromo kamu bisa menggunakan jasa tour dan travel dari nahwatravel.co.id.