Zakat Emas Berapa Gram? Berikut Penjabarannya untuk Anda

Zakat emas juga menjadi salah satu bagian yang wajib kamu ketahui dalam ajaran Agama Islam. Bagaimana tidak? Sebab zakat emas juga menjadi bagian yang wajib dibayarkan bagi umat Islam yang sudah memenuhi syarat. Ada yang tahu zakat emas berapa gram? Jika belum ikuti penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Zakat Emas?

Pasti ada sebagian dari kamu yang masih bingung bagaimana bisa emas ini termasuk benda yang wajib untuk dizakati bukan? Jadi zakat ini bukan hanya fitrah yang akan di bayarkan di hari raya idul fitri saja, namun emas atau kekayaan zakat kekayaan yang kamu miliki juga wajib untuk dizakati.

Pembayaran untuk zakat emas ini berbeda dengan zakat fitrah. Namun memiliki beberapa kesamaan dengan zakat perak dan juga logam mulia. Proses pembayarannya juga sudah di atur dalam Agama Islam. Dimana untuk zakat emas ini akan dibayarkan jika sudah mencapai haul dan juga nisab.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada dasarnya untuk zakat emas ini juga telah diatur dalam kitab suci Al Quran dalam Surat At-Taubah Ayat 34. Dalam surat tersebut menjelaskan bahwasannya orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka  bahwa ia akan memperoleh siksa yang pedih.

Syarat Emas yang Wajib Dizakati

  1. Milih Sendiri

Sebelum membicarakan masalah besaran zakat emas seberapa banyak, maka alangkah baiknya jika kita paham dengan berbagai syarat emas yang nantinya wajib untuk dizakati. Salah satu syarat emas yang wajib dizakati adalah benda tersebut milik sendiri. Maksudnya adalah bahwa kepemilikan atas emas tersebut dimiliki secara sempurna dan sah, bukan pinjaman atau milik orang lain.

  1. Sudah Mencapai Haulnya

Syarat emas yang wajib untuk dizakati selanjutnya adalah bahwasannya emas tersebut sudah mencapai haulnya. Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan haul? jadi yang dinamakan dengan emas wajib dizakati jika sudah mencapai haul itu jika benda sudah tersimpan kurang lebih selama satu tahun berjalan.

  1. Telah Mencapai Nisab

Hal lain yang membuat kamu harus mengeluarkan zakat emas adalah jika benda tersebut sudah mencapai nisabnya. Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwasannya emas yang kamu miliki wajib dizakati jika sudah mencapai batasnya. Untukmu nisab emas sendiri dalam Agama Islam juga sudah ditentukan sebesar 85 gram.

Cara Tepat dalam Menghitung Zakat Emas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwasannya untuk zakat emas ini wajib di berikan salah satunya jika sudah mencapai nisabnya yaitu 85 gram. Hal lainnya yang wajib untuk kamu ketahui cara hitung zakat ini juga harus melihat kadar emasnya yaitu 2,5% tidak kurang maupun lebih.

Lalu bagaimana untuk cara tepat dalam menghitung zakat emasnya? Agar tahu zakat emas berapa gram maka harus dihitung dengan tepat seperti 2,5% (kadar emas) dikalikan dengan jumlah emas yang tersimpan dalam kurun waktu 1 tahun. Agar mendapat perhitungan yang tepat dan bisa tersalurkan dengan jelas, maka kamu bisa memilih untuk dikelola oleh lembaga zakat yang profesional.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan lengkap diatas adalah bahwa zakat terbagi menjadi berbagai jenis. selain zakat fitrah juga ada zakat emas yang wajib kamu keluarkan jika memenuhi syarat seperti milik sendiri, sudah mencapai haul dan nisabnya. Jumlah zakat untuk emas sendiri akan ditentukan berdasarkan kadar atau 2,5% dikali dengan jumlah emas yang tersimpan 1 tahun.