Tidak Sulit, Berikut Cara Membersihkan Brush Make Up Yang Tepat

Banyak yang berpikir jika brush make up tidak bisa dibersihkan dan memilih untuk berganti yang baru. Padahal sebenarnya cara mencuci brush tidaklah sulit. Semua alat make up memang harus dijaga kebersihannya, karena bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit. Dan berikut beberapa cara membersihkan brush make up yang mudah.

Langkah Mudah Untuk Membersihkan Brush Make Up

  1. Membasahi Dengan Air Hangat

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum membersihkan brush, yakni membasahi dengan air hangat. Anda hanya perlu membasahi sedikit demi sedikit, tidak perlu sampai merendamnya. Mencuci dengan air hangat bisa dilakukan jika kotoran pada brush tergolong ringan. Sebaiknya anda menghindari untuk menyentuhkan air pada bagian dasar brush,

Karena hal tersebut bisa membuat lem yang ada pada brush rusak, sehingga bulu akan terlepas. Tentu saja anda harus memperlakukan bulu yang ada di brush dengan lembut. Mengingat bagian bulu brush memang sangat lembut, jangan sampai setelah dicuci justru menjadi kasar dan tidak nyaman digunakan.

  1. Menggunakan Sabun Lembut

Agar bersih dengan menyeluruh, anda bisa menggunakan sabun untuk membersihkan brush. Namun sabun yang digunakan haruslah sabun yang memiliki tekstur yang lembut. di pasaran sendiri ada banyak sabun yang dijual khusus untuk membersihkan make up. Tetapi jika tidak ada, anda juga bisa memanfaatkan sampo.

Caranya mudah, cukup oleskan sampo ataupun sabun pada ujung jari. Setelahnya lakukan gerakan memijat pada bagian ujung bulu brush. Anda bisa sikat sikat lembut pada telapak tangan anda hingga bekas make up luntur. Dan pastikan dalam setiap prosesnya tidak sampai mengenai bagian dasar bulu sehingga lemnya tidak rusak.

  1. Jangan Membasahi Bagian Gagang

Saat mencucinya, pastikan anda fokus pada bagian bulunya saja. Apabila ingin brush awet, jangan sampai anda membasahi bagian gagangnya brush atau bagian dasarnya. Karena bulu brush umumnya akan direkatkan pada gagangnya dengan lem. Maka dari itu pastikan untuk tidak sampai membasahinya, dengan begitu brush make up anda bisa bertahan lama.

  1. Membilas Dengan Bersih

Setelah anda merasa bahwa bagian brush sudah bersih, maka langkah selanjutnya yakni dengan membilas sampai bersih. Agar lebih bersih, sebaiknya anda menggunakan air yang mengalir. Dengan begitu sisa sabun tidak akan tersisa pada bagian brush. Yang mana hal ini bisa menyebabkan iritas pada wajah atau kulit anda.

Untuk menjaga bagian bulunya, anda pastikan jika aliran airnya tidak terlalu kencang. Anda bisa mengulanginya dengan sabun lagi jika memang dirasa belum terlalu bersih. Kemudian membilasnya sampai benar benar tidak ada yang tersisa sabun atau samponya. Pastikan juga anda melakukannya dengan lembut, sehingga tidak merusak bagian bulunya.

  1. Peras dan Keringkan

Cara membersihkan brush yang selanjutnya yakni memeras air pada brush. Cukup anda memijat bagian brush dengan ibu jari juga telunjuk. Ketika memeras juga tidak perlu ditarik sehingga menyebabkan bulu ikut tercabut. Untuk mengeringkannya, jangan di bawah sinar matahari langsung.

Cukup meletakkan dengan bagian bulu di bawah, letakkan di tempat dengan sirkulasi udara yang bagus. Dengan begitu brush make up akan kering dengan sendiri. Apabila terlalu banyak air, juga bisa meremasnya dengan menggunakan handuk atau tisu bersih. Sehingga brush akan cepat kering dan siap untuk digunakan.

Brush make up yang kotor akan menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Maka dari itu penting sekali menjaga kebersihannya. Membersihkan brush bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa membuat jadwal setiap berapa minggu sekali agar selalu bersih. Untuk mengetahui lebih banyak informasi, bisa kunjungi https://readbeauty.com/.