Cara Membuat Lambang X Bar di Word dengan Mudah

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang ada pada laptop untuk membuat dokumen. Banyak sekali fungsi dari Microsoft Word. Salah satu fungsi yang jarang digunakan namun sangat bermanfaat adalah Anda bisa membuat lambang X bar pada aplikasi yang satu ini.

Fungsi Lambang X Bar

Biasanya lambang X bar sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Terkadang ada rumus atau formula tertentu yang harus dicantumkan dalam karya ilmiah Anda. Hal ini sangat wajar apabila Anda mengerkakan penelitian kuantitatif yang mana selalu membutuhkan data statistik. Salah satu simbol statistik yang sering digunakan adalah X bar. Simbol yang satu ini digunakan untuk menunjukan mean atau nilai rata-rata dari sekumpula data. Tentunya dalam matematika pasti Anda sudah familiar dengan nilai rata-ratau yang bisanya menggunakan lambang X bar. Simbol dari X bar berupa huruf X biasa namun terdapat garis pada bagian atas.

Jika Anda menulis di buku dengan menggunakan pulpen tentunya akan sangat mudah. Akan tetapi hal ini menjadi berbeda jika Anda mengetik di Microsoft Word. Hingga sekarang masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat lambang X bar dengan menggunakan Microsoft Word.

Cara Sederhana Membuat Lambang X Bar Pada Microsoft Word

Karena itulah pada kesempatan kali ini, Anda akan mengetahui beberapa cara sederhana dalam membiuat lambang X bar dengan menggunakan Microsoft Word saja. Caranya mudah dan bisa Anda ikuti pula. Mari coba beberapa cara berikut.

Cara pertama adalah dengan menggunakan Microsoft Equation. Fitur yang satu ini memang merupakan fitur bawaan dari Microsoft Word. Adapun fungsi dari Microsoft Equation dilansir dari Lewatin Ajaadalah untuk membuat suatu equation. Karena lambang X bar adalah salah satu jenis dari equation, maka Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menciptakan simbol tersebut pada dokumen Word Anda. Caranya juga sangat mudah dan sebenarnya banyak orang yang menggunakan fitur ini jika ingin membuat lambang X bar di Microsoft Word.

Buka file dan klik pada bagian atau tulisan yang ingin Anda berikan lambang X bar. Kemudian pilih menu Insert dan pilih Object. Saat jendela Object sudah muncul, maka pilih Create New. Saat terdapat kolom Object Type, maka gunakan fitur Microsoft Equation dan klik OK. Lalu di fitur ini akan ada banyak simbol bar yang bisa Anda pilih. Kemudian klik simbol bar sehingga bisa dimunculkan pada dokumen Microsift Word Anda. Saat simbol bar sudah muncul di dokumen Anda, klik pada bagian persegi. Lalu Anda ketik huruf X sehingga lambang X bar akan muncul.

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur Insert Symbol. Sesuai dengan namanya, fitur Insert Symbol digunakan untuk memasukan simbol apapun yang Anda inginkan. Cara kedua ini juga sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat lambang X bar di Microsoft Word. Buka dokumen dan klik pada bagian atau tulisan yang ingin diberikan lambang X bar. Lalu klik pada menu Insert dan klik Drop-down Symbol. Selanjutnya Anda akan memilih More Symbols. Saat Anda masuk ke jendela baru, atur kolom Font dan Subset menjadi Combining Diacritical Marks. Kemudian Anda pilih tanda bar dan klik Insert. Kemudian lambang X bar sudah masuk secara otomatis di bagian huruf X yang Anda ketik.

Itu dia kedua cara untuk membuat lambang X bar pada Microsoft Word. Kedua cara tersebut cukup mudah, bukan? Selamat mencoba!