Simak Berikut Cara Membuat Nomor Halaman Di Word, Dengan Mudah

Microsoft Word adalah software yang digunakan untuk mengolah kata. Perangkat ini biasanya digunakan dalam membuat dokumen. Untuk memperoleh hasil penyusunan dokumen yang sempurna, Microsoft Word memiliki berbagai fitur yang diperlukan untuk membuat dokumen, salah satunya fitur untuk membuat nomor halaman. Berikut cara membuat nomor halaman di word, secara otomatis.

4 Cara Membuat Nomor Halaman

  1. Cara membuat nomor halaman di Microsoft Word windows

Cara membuat nomor halaman di word cukup mudah, karena anda hanya perlu klik insert, kemudian pada menu header & footer klik page number, dan memilih posisi letak nomor. Posisi nomor halaman dapat berada di atas, bawah, atau sesuai yang anda inginkan. Jika anda ingin menghapus bagian tertentu, menghilangkan nomor halaman cukup lakukan cara berikut ini.

Pertama klik Insert, kemudian pilih Header dan setelah itu pilih Edit Header. Setelah muncul tab Design maka centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul. Setelah itu, hapus nomor halaman yang terdapat di halaman sampul. Setelah itu klik Close Header and Footer. Apabila ingin mengubah nomor halaman, maka klik dua kali header maupun footer untuk membukanya.

  1. Cara Membuat Nomor Halaman Di MacOs

Jika cara yang sebelumnya digunakan untuk Windows, maka cara membuat nomor halaman di word yang satu ini adalah untuk MacOS. Berikut cara membuat nomor halaman untuk Mac yang bisa anda lakukan.

Yang pertama klik Insert. Setelah itu pada menu header dan footer pilih Page Number. Akan muncul beberapa posisi halaman kemudian pilih posisi halaman yang sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu untuk mengubah gaya penomoran, pilih Format Page Number. Lalu pilih pengaturan sesuai keinginan anda. Lalu pilih OK.

  1. Cara Membuat Nomor Halaman Yang Berbeda Di Word

Anda juga dapat membuat nomor halaman berbeda di word. Misalnya, anda membuat halaman awal bab 1 maka posisi halaman di tengah-bawah. Sementara itu, pada halaman bab 1 berikutnya nomor halaman berada di kanan atau kiri atas. Hal itu mungkin akan dibutuhkan apabila anda sedang menyusun skripsi atau karya ilmiah lain. Berikut cara membuat nomor halaman yang berbeda pada Word.

Yang pertama pilih Insert. Kemudian pada menu header dan footer klik Page Number. Setelah itu pilih Bottom of Page. Lalu pilih Plain Number 2 (misal anda pilih halaman awal letaknya di bawah tengah).

Langkah selanjutnya klik centang Different First Page. Misal, anda pilih di halaman berikutnya nomor halaman di kanan-atas. Edit Header Halaman 2. Langkah berikutnya Page Number. Lalu klik Top of Page.

  1. Cara Membuat Nomor Halaman Romawi Di Word

Cara membuat nomor halaman di Word untuk angka romawi caranya hampir sama dengan cara sebelumnya. Berikut cara memberi nomor halaman pada Word. Pertama Insert. Kemudian pilih Page Number.

Setelah itu format Page Numbers.Kemudian di jendela Page Number Format ubah Number format menjadi I, ii, iii, dan seterusnya. Kemudian ubah at: menjadi i. Untuk menyimpan perubahan maka klik OK.

Demikianlah cara membuat nomor halaman di Microsoft word. Nomor halaman merupakan salah satu hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, maupun tugas sekolah biasa. Adanya nomor halaman dapat memudahkan melihat tulisan yang akan dituju. Selain cara membuat nomor halaman anda juga perlu paham cara hapus halaman kosong di word dengan mudah.