Cara Membuat Hiasan Tumpeng Dari Daun Pisang Berbentuk Segitiga

Setiap orang tentunya pernah melihat nasi tumpeng. Nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut dengan ukuran yang bervariasi. Nasi tumpeng ini cukup legendaris karena termasuk hidangan penting disebuah acara. Salah satu daya tarik dari tumpeng adalah penggunaan daun pisangnya. Tumpeng tradisional biasanya menggunakan daun pisang sebagai hiasan untuk terlihat lebih menarik. Cara membuat hiasan tumpeng dari daun pisang cukup mudah. Salah satu bentuk hiasan yang sering dibuat adalah alas tumpeng yang berbentuk segitiga.

Sebelum membuat hiasan dari daun pisang tersebut, anda harus menyiapkan daun pisangnya terlebih dahulu. Siapkan daun pisang sesuai dengan kebutuhan anda. Duan pisang ini akan dibuat hiasan segitiga yang diletakan dibagian alas tumpeng. Semakin besar tumpeng yang akan anda buat maka anda membutuhkan daun pisang yang lebih banyak juga.

Cara membuat alas segitiga untuk tumpeng dari daun pisang cukup mudah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memotong daun pisang menjadi bentuk persegi panjang. Setelah itu lipat masing – masing sisi sehingga membentuk seperti segitiga. Cukup mudah bukan? Untuk pengaitnya anda membutuhkan tusuk lidi atau staples. Anda perlu mengunci bagian antar sisi yang bertemu tersebut agar hiasan tetap kokoh. Setelah membuat segitiga dalam jumlah yang banyak, anda bisa mulai menggabungkan segitiga tersebut mengeliligi tumpeng. Inilah cara mudah yang bisa anda coba.