Kereta Api Seminung

Kereta Api (KA) Seminung merupakan kereta api yang beroperasi dengan melayani rute perjalanan Tanjungkarang–Kotabumi di Lampung Utara dan sebaliknya.

Kereta api yang mulai beroperasi pada 13 Januari 2010 ini berhenti di setiap stasiun yang dilaluinya, yaitu Stasiun Tanjungkarang, Labuanratu, Gedungratu, Rejosari, Branti, Tegineneng, Rengas, Bekri, Hajipemanggilan, Sulusuban, Blambanganpagar, Kalibalangan, Candimas, dan Stasiun Kotabumi.

KA Seminung dulunya menggantikan KRD Ruwa Jurai yang berstatus afkir. Namun dalam perkembangannya, kereta ini kerap mengalami masalah seperti mogok sehingga tidak dapat beroperasi dengan maksimal.

Oleh karena itulah rangkaian kereta api ini kerap dipinjam oleh KA Way Umpu  yang juga kerap mengalami masalah yang sama. Padahal, layanan kereta ini terdiri dari kelas bisnis AC dan premium plus.

Rangkaian KA Seminung dan Way Umpu menempuh rute 86 km dalam waktu sekitar 2,5 jam. Kereta api ini terdiri dari kelas premium plus dan bisnis AC sehingga susunan tempat duduknya pun lebih longgar, yaitu 2–2 dengan kapasitas penumpang mencapai 320 orang.

Kereta Api Seminung kemudian resmi berhenti beroperasi pada 30 November 2019 dan dikembalikan ke Jawa bersama KA Way Umpu. KA Seminung dan KA Way Umpu yang digantikan oleh KA Kuala Stabas dengan rute Tanjungkarang–Baturaja PP ini mulai Juli 2019 beroperasi menggunakan rangkaian K3 ekonomi premium.