Manfaat Buah Markisa Yang Baik Untuk Kesehatan

Markisa juga dikenal passion fruit dalam bahasa Inggris merupakan buah tropis yang kaya nutrisi, mudah diolah menjadi minuman yang baik untuk tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit pernapasan.

Nutrisi yang ada di dalam buah markisa ada sangat banyak yang menyehatkan, terutama yang kaya akan serat, vitamin C dan vitamin A.  Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut, membuat ada beberapa manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan seperti :

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Markisa mengandung vitamin C, vitamin A dan asam amino yang tinggi seperti valin, prolin, trenin, arginin, tirosin, dan asam anino lainnya yang bermanfaat meningkatkan aktivitas sel darah putih dan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu kandungan ini juga mempunyai efek antioksidan yang kuat, sehingga bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat, dan juga bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit ringan.

Mencegah penyakit pernafasan

Jika kamu sering menderita penyakit pernapasan, mengkonsumsi buah markisa adalah pilihan tepat untuk pengobatan alami. Jus markisa akan membantu kamu untuk meredakan gejala yang tidak menyenangkan seperti tenggorokan berdahak, asma, batuk kering, ataupun sesak napas.

Memperbaiki sistem pencernaan

Buah markisa adalah buah-buahan yang bisa membantu dengan sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Karena kandungan serat di dalam buah markisa yang ideal. Segelas air dari 25g markisa mengandung sekitar 2g serat dan sebagian besar serat yang adai dalamnya adalah serat larut.

Serat larut dalam usus dan kulit buah markisa bisa bertindak sebagai pencahar, sehingga bisa membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit, dan menurunkan kolesterol dengan membuangnya melalui tinja.

Selain manfaat buah markisa di atas, ada juga manfaat lainnya seperti mengurangi stress, menguatkan tulang, memperlancar peredaran darah, membantu tidur lebih nyenyak, membantu menurunkan berat badan, mempercantik kulit, melindungi organ jantung, mencegah kanker, dan menstabilkan gula darah.