Penjelasan Ringkas Tentang Rukun-Rukun Haji

 

Ibadah haji bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam adalah wajib untuk dilaksanakan. Apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang mampu secara finansial dan fisik, maka kamu harus memantapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji. Tetapi sebelum berangkat haji, kamu harus memahami bahwa ada rukun-rukun haji.

Berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang rukun-rukun haji yang tidak boleh dilewatkan saat melaksanakan ibadah haji.

1. Ihram

Rukun haji yang pertama adalah ihram, artinya berihram adalah keadaan suci yang menandai dimulainya ritual ibadah haji dengan membacakan niat haji dan menggunakan pakaian ihram.

2. Wukuf di Padang Arafah

Setelah berihram, jemaah haji pada tanggal 9 dzulhijjah harus melaksanakan wukuf di padang arafah. Wukuf di padang arafah dilaksanakan sampai masuk tanggal 10 dzulhijjah.

3. Tawaf Ifadhah

Rukun haji ketiga adalah melakukan tawaf dengan mengelilingi kabah sebanyak 7 kali, tawaf ini dilaksanakan setelah jemaah berada di mina untuk melempar jumrah dan kembali ke Mekkah.

4. Sa'i

Rukun haji keempat adalah Sa'i, yaitu lari-lari kecil antara bukit safa dan marwa sebanyak 7 kali.

5. Tahallul

Rukun selanjutnya adalh tahallu, artinya adalah memotong rambut. Jadi setelah selesai melakukan Sa'i jemaah haji diwajibkan untuk memotong rambut minimal tiga helai rambut.

6. Tertib

Rukun terakhir tertib, artinya rukun haji wajib dilakukan secara beurutan.