10 Objek Wisata Semarang yang Wajib Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

Semarang bisa dijadikan pilihan kota selanjutnya untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga. Hal itu dikarenakan di kota yang terkenal dengan julukan jamu itu mempunyai banyak sekali destinasi wisata mulai dari alam, religi, budaya hingga sejarah. Lantas mana saja destinasi wisata Semarang terbaik yang wajib untuk didatangi itu?.

Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Kota Semarang

Salah satu destinasi wisata terbaik di Kota Semarang yaitu Lawang Sewu. Bahkan saking terkenalnya Lawang Sewu itu tidak sedikit pengunjungnya berasal dari mancanegara. Namun bukan hanya itu saja masih banyak lagi rekomendasi destinasi wisata terbaik dan terkenal di Kota Semarang seperti berikut ini.

  1. Eling Bening

Destinasi wisata terbaik di Kota Semarang pertama yang bisa digunakan untuk menghabiskan akhir tahun bersama dengan keluarga yaitu Eling Bening. Di objek wisata ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan suasana sekitar sangat asri. Tidak hanya itu saja, di sana Anda juga bisa naik di atas perahu berbentuk naga untuk melihat keindahan rawa pening dan gunung Ungaran secara langsung. Untuk fasilitasnya sendiri juga terbilang sangatlah lengkap sehingga cocok dijadikan destinasi liburan bersama dengan keluarga tercinta. Adapun fasilitas yang terdapat di Eling Bening seperti cafe, restoran, camping ground dan tempat outbound. Dalam hal ini bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata tersebut, dapat melihat harga tiketnya di website thekarimun.com.

  1. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening sendiri termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata alam yang ada di kota Semarang. Pemandangan di sekitar bukit yang indah menyebabkannya sangat cocok digunakan sebagai tempat foto. Sebagai destinasi wisata yang cukup populer, tidak sedikit pengunjung Bukit Cinta Rawa Pening itu berasal dari luar kota. Umumnya tujuan para pengunjung itu mendatangi objek wisata ini tidak hanya sekedar berfoto saja melainkan juga untuk menghilangkan penat akibat pekerjaan sehari-hari. Di sana nantinya wisatawan dapat menemukan sebuah jembatan panjang yang lokasinya berada di atas Rawa dan patung naga berukuran besar. Perlu diketahui bahwa patung naga yang terdapat di Bukit Cinta Rawa Pening itu merupakan lokasi favorit para pengunjung untuk berfoto.

  1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin mengajari anak tentang sejarah. Untuk lokasinya sendiri destinasi wisata itu berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Peninggalan sejarah yang berada di ketinggian 1200 mdpl itu mempunyai pemandangan sangat cantik. Bahkan saking cantiknya pemandangan dari candi Gedong Songo bisa digunakan untuk menyegarkan mata. Kelebihan dari objek wisata ini yaitu telah dilengkapi dengan kolam pemandian air panas. Diketahui air dari kolam pemandian air panas itu mengandung belerang yang bagus untuk kulit.

  1. Saloka Theme Park

Obyek Wisata Saloka Theme Park ini sangat cocok dijadikan tempat liburan untuk anak. Hal itu dikarenakan di dalam tempat wisata itu terdapat banyak sekali wahana menarik yang bisa dicoba oleh segala umur termasuk anak-anak. Adapun wahana menarik yang terdapat di Saloka Theme Park seperti Zoma Kamayayi, Zona Ararya, Zona Pesisir, Zona Segara Prada, Zona Belantara dan masih banyak lagi. Di mana sejumlah wahana tadi terbukti bisa digunakan untuk memacu adrenalin. Untuk jam operasionalnya sendiri objek wisata itu buka setiap hari mulai pukul 10. 00 WIB hingga 18.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu jam operasionalnya sedikit mengalami perubahan yakin buka mulai dari 12.00 WIB hingga 19.00 WIB.

  1. Argo Wisata Kopeng Gunung Sari

Argo wisata Kopeng Gunungsari ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menikmati suasana lebih alami dengan beragam jenis tumbuhan. Konsep yang dipilih dari objek wisata ini yaitu menggabungkan taman bunga dengan menara pandang yang berada di atas pegunungan. Dikarenakan Argo wisata Kopeng gunung Sari ini berlokasinya berada di ketinggian 3145 di atas permukaan laut menyebabkan udara di sekitarnya sangatlah dingin. Oleh karena itu tidak heran jika objek wisata ini sering dijadikan tempat untuk healing dan menghilangkan stress. Namun pastikan ketika mendatangi Argo Wisata Kopeng Gunung Sari pastikan telah menggunakan jaket berukuran tebal agar tidak kedinginan.

  1. Merbabu View & Cafe

Merbabu View & Cafe merupakan  objek wisata berupa Cafe yang menggunakan tema semi outdoor. Dengan tema tersebut memungkinkan para wisatawan bisa melihat pemandangan gunung Merbabu secara langsung. Bukan hanya itu saja di kafe ini Anda juga bisa menikmati berbagai macam makanan lezat bersama dengan teman maupun keluarga tercinta. Merbabu View & Cafe juga mempunyai arsitektur terbilang cukup unik yakin dengan dekorasi Instagrambel, sehingga membuat tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berswafoto.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Rekomendasi berikutnya objek wisata terbaik di Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga yaitu museum kereta api Ambarawa. Selain bisa belajar sejarah penting dari transportasi itu, di sana para pengunjung juga bisa menaiki kereta api uap yang tentunya dapat membuat kesan liburan terasa lebih mengasyikkan. Untuk harga tiket masuknya sendiri juga terbilang sangatlah terjangkau yakin dibanderol mulai dari 10.000 bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak harga tiket masuknya di bandrol mulai dari 5.000 saja. Museum kereta api Ambarawa buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

  1. Taman Bunga Celosia Bandungan

Selain tempat sejarah, ternyata di Semarang juga terdapat objek wisata berupa taman yang sangat indah. Saking indahnya Taman tersebut membuatnya menjadi tempat favorit bagi banyak wisatawan dari berbagai daerah. Di mana objek wisata yang dimaksud itu adalah Taman Bunga Celosia Bandungan yang memiliki beragam koleksi jenis flora. Diketahui berbagai jenis bunga yang ditanam di taman itu telah disusun secara rapi sehingga mampu menghasilkan suasana  sangat indah.

Kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata ini tidak meluluh melihat bunga saja namun setiap tamannya mempunyai tema berbeda-beda. Adapun beberapa tema yang terdapat di taman bunga Celosia Bandungan seperti Little Marine Park, Little Korea, Little Italia. Setelah merasa puas menikmati keindahan bunga yang ada di taman itu, para pengunjung bisa mampir di sebuah Cafe yang lokasinya tidak jauh dari objek tersebut. Di cafe itu nantinya Anda bisa memesan beragam menu mulai dari minuman yang menyegarkan hingga makanan super lezat.

  1. Cimory On The Vallen Semarang

Berkunjung ke kota jamu akan terasa kurang rasanya jika tidak mendatangi Cimory On The Vallen. Objek wisata yang sudah berdiri sejak tahun 2020 ini mempunyai banyak sekali hiburan seru dan menarik. Terdapat juga sejumlah wahana edukasi, tour memerah susu sapi, memberi makan ternak dan menunggang kuda. Untuk jam operasionalnya sendiri objek wisata itu buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada hari weekend Cimory on the Vallen buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

  1. Dusun Sumilir

Dusun sumilir merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Semarang yang mengusung konsep Eco Park dengan icon berupa stupa candi Borobudur. Untuk alamatnya sendiri dusun sumilir itu berada di jalan Soekarno Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang. Daya tarik utama dari destinasi wisata ini yaitu mempunyai banyak sekali spot foto. Bukan hanya itu saja namun di desa sumilir juga memiliki beragam penginapan dengan nuansa alam. Objek wisata yang tidak pernah sepi oleh pengunjung itu memiliki jam operasi buka setiap hari kerja mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sementara ketika weekend jam operasionalnya mengalami sedikit perubahan yakin bukan mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Beberapa Tips Liburan Hemat di Kota Semarang

Untuk Anda yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa dan ingin menghabiskan akhir pekan di Kota Semarang namun memiliki budget terbatas tidak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa tips liburan hemat di Kota Semarang yang bisa Anda praktekkan sendiri seperti berikut ini.

  1. Merencanakan Kegiatan Liburan dari Jauh - Jauh Hari

Pastikan sebelum hari H Anda sudah membuat perencanaan liburan di Kota Semarang jauh-jauh hari. Hal itu bertujuan agar nantinya anggaran bisa disiapkan secara khusus untuk kegiatan berlibur. Selain itu sebaiknya lakukan perencanaan di mana, kapan dan dengan siapa Anda akan mengunjungi kota Semarang. Apabila dalam hal ini sudah mengetahui tempat liburan yang ingin dituju di Semarang cobalah mencari tahu destinasi wisata lainnya yang lokasinya tidak jauh dari tujuan tersebut.

  1. Memakai Transportasi Umum

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya gunakan transportasi umum seperti bus, kereta atau angkot. Dalam hal ini hindarilah untuk memakai transportasi umum berupa taksi dikarenakan harga yang ditawarkan akan lebih mahal jika dibandingkan memakai bus maupun angkot. Namun sebelum memakai transportasi umum itu pastikan sudah mencari tahu terlebih dahulu rute dari kendaraan yang hendak digunakan itu untuk menuju objek wisata. Untuk mempermudah dalam perjalanan liburan alangkah baiknya mencatat rutenya.

  1. Hindarilah Mendatangi Ketika Tanggal Merah

Tips liburan hemat ke kota Semarang berikutnya yang bisa Anda coba yaitu hindarilah untuk mendatangi objek wisata di tanggal merah. Pasalnya harga tiket perjalanan dan hotel akan lebih mahal ketika tanggal merah. Bukan hanya itu saja namun hampir sebagian besar tiket masuk ke tempat wisata ketika tanggal merah itu akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu sebaiknya datangilah ketika hari kerja maupun weekend.

  1. Mempersiapkan Akomodasi

Pastikan sudah memilih tempat penginapan yang nyaman dan sesuai dengan kondisi budget saat ini. Untuk memesan akomodasi sendiri bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Nantinya dari aplikasi itu Anda bisa mendapatkan informasi mengenai foto kamar dan lokasi alamat dari hotel yang hendak dipilih tersebut. Sebaiknya pilihlah hotel yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota dan dekat dengan transportasi umum. Hal itu bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan wisata.

Demikianlah ulasan singkat tentang rekomendasi destinasi wisata terbaik di Kota Semarang yang bisa dijadikan tempat berikutnya untuk menghabiskan akhir tahun bersama keluarga.